Gunung api Dukono Halmahera Utara mengalami erupsi, dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1200 Meter.
Sumber :
  • Ikbal arsyad

Gunung Dukono Halmahera Utara Kembali Erupsi

Selasa, 7 November 2023 - 11:42 WIB

Halmahera Utara, tvOnenews.com - Gunung api Dukono Halmahera Utara, Maluku Utara mengalami erupsi, dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1200 Meter di atas puncak kawah gunung, Selasa, (7/11/2023) sekitar pukul 11.07 WIT.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur.

“Yah cuma daerah Tobelo sasaran abu, dihimbau selalu membawa masker beberapa hari ini aktivitas Dukono ada miningkat,cuma masih,level 2 waspada, Abu letusan kabanyakan ke arah timur,” ujar Petugas Pos Pemantau Gunung Dukono, Bambang Sugiono.

Bambang mengatakan erupsi gunung Dukono saat ini belum mengancam aktivitas penduduk yg berada dikaki gunung Dukono yg berjarak sekitar 10-11 kilo meter abu tipis jatu ke arah timur.

“Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat, Saat ini gunung Dukono berada pada Status Level II (Waspada),” jelasnya

Masyarakat di sekitar gunung Dukono dan pengunjung atau wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas, mendaki, dan mendekati Kawah Malupang Warirang di dalam radius 2 km.

Mengingat letusan dengan abu vulkanik secara periodik terjadi dan sebaran abu mengikuti arah dan kecepatan angin, sehingga area landaan abunya tidak tetap

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:16
01:06
03:21
14:24
11:39
08:19
Viral