Balita penderita gizi buruk di Sikka Nusa Tenggara Timur butuh uluran tangan..
Sumber :
  • tovik koban

Ibunda Makan Ubi dan Pisang Setiap Hari, Balita 11 Bulan Alami Gizi Buruk 

Rabu, 22 November 2023 - 23:29 WIB

Sikka, tvOnenews.com - Potret mirisnya dunia kesehatan dialami NKS, balita berusia 11 bulan, warga desa Waipaar, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Bagaimana tidak, lantaran ketiadaan biaya, karena kesulitan ekonomi, asupan gizi yang sangat kurang membuat bayi NKS mengalami gizi buruk.

"Kalau nasi satu kali dalam sehari. Selebihnya kami makan ubi dan pisang. Sehingga anak Natalia mengalami gizi kurang," ungkap Yunita Lepe, ibu kandung bocah malang yang kini tinggal bersama sang nenek karena ketiadaan rumah, di desa Waipaar, Rabu (22/11/2023). 

Dikatakan Yunita, buah hatinya bersama Yohanes Don Bosco kini kondisinya kian memprihatinkan. Tubuhnya kian kurus hingga membuatnya tak bisa melakukan aktivitas dan hanya bisa terbaring lemah.

"Anak kami Natalia hanya memilik berat badan 3,9 kilogram (Kg) dan mengalami gizi buruk. Kami terpaksa tinggal bersama dengan nenek karena belum memiliki rumah," Kata Yunita 

Menurut Yunita, bocah Natalia sempat berobat ke RSUD Tc Hillers Maumere, namun akhirnya dibawa pulang kembali, lantaran tidak mampu membayar tagihan rumah sakit karena Natalia tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Saya bersyukur, anak kami mendapatkan perawatan yang baik dari tenaga kesehatan Puskesmas Watubaing dan RSUD Tc Hilers Maumere meski tak punya Kartu Indonesia Sehat," kisahnya. 

Lantaran tidak mampu bayar biaya rumah sakit, lanjut Yunita, aparat pemerintah desa Waipaar, tenaga kesehatan di Puskesmas Watubaing dan pegawai di kantor camat Talibura mengumpulkan uang untuk membayar tagihan rumah sakit.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral