Kayu log hasil pembalakan hutan diamankan di DAS Cempaga oleh jajaran Ditpolairud Polda Kalteng.
Sumber :
  • Didi Syachwani

Tim Ahli Dishut Pastikan Kayu Log dan Olahan yang Diamankan Ditpolarud Polda Kalteng Berasal dari Hutan Kotim

Sabtu, 26 Februari 2022 - 14:04 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Tim saksi ahli dari Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah, memastikan ratusan potong kayu log dan kayu olahan yang diamankan jajaran Ditpolairud Polda Kalteng, di wilayah Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), adalah berasal dari hutan wilayah tersebut.

"Mereka (tim ahli Dishut Kalteng) melihat dari karakteristik kayu log dan kayu olahan yang berhasil kami amankan. Semuanya dipastikan berasal dari hutan yang ada di Kotim," terang Dirpolairud Polda Kalteng, Kombespol Edward Indharmawan Eka Candra, Sabtu (26/2/2022).

Disebutkan pula, ratusan potong kayu log dan kayu olahan tersebut merupakan kayu jenis meranti dan kayu rimba campuran, dan pemilik kayu tersebut tidak ada memiliki dokumen legalisasi kehutanan sama sekali.

Sebagaimana diketahui, jajaran Direktorat Polairud Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) telah menyita 210 batang kayu log dan 163 keping kayu olahan dari seorang warga Kecamatan Cempaga.

Pemilik kayu yang berinisial KYN tersebut, kini telah ditetapkan sebagai seorang tersangka atas kasus dugaan kejahatan kehutanan.

"Tersangka KYB, diringkus pada saat sedang mengolah kayu log jenis meranti campuran menjadi kayu olahan berbagai ukuran, di bansaw miliknya," terang Direktur Polairud Polda Kalteng Kombespol Edward Indharmawan Eka Candra, saat ekspos kasus tersebut, Jumat (25/2/2022) kemarin.

Menurut Edward yang saat itu turut didampingi Kasubdit Penegakan Hukum, Kompol Joko Handono, saat dilakukan penangkapan, barang bukti kayu log milik pelaku berada di sungai Cempaga yang merupakan anak Sungai Mentaya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral