5 Sapi Ternak Diduga Tertular PMK, 1 Diantaranya Sapi Kurban Milik Presiden Jokowi..
Sumber :
  • tim tvOne - Tut Wuri Handayani

5 Sapi Ternak di Kalbar Diduga Tertular PMK, 1 Diantaranya Sapi Kurban Milik Presiden Jokowi

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:28 WIB

Sanggau, Kalimantan Barat - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Sanggau menemukan sedikitnya 5 ekor sapi ternak terduga atau suspect Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan Dinas Bunak Sanggau, Dadan Sumarna mengatakan, telah melakukan sejumlah investigasi ke peternak. 

"Pada tanggal 12 Mei 2022 salah satu pemilik ternak, bernama Apung dari Kelurahan Beringin, memiliki sejumlah hewan ternak sebanyak 36 ekor sapi dan 3 ekor sapi diantaranya terduga suspect PMK, yakni 1 ekor sapi jenis Limosin dan 2 ekor jenis sapi Bali dan sudah diambil sampel darah. Pada tanggal 16 Mei 2022 ditempat yang sama, pengambilan sampel darah 17 sampel dan penambahan ternak terduga PMK 2 ekor jenis sapi Bali. Untuk keseluruhan ternak yang terduga 5 ekor sampel darah 20 sampel," kata Dadan Sumarna, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Bunak Sanggau, kepada tvOne Rabu (18/5/2022), di Sanggau, Kalimantan Barat. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Disbunak Sanggau menurunkan dua dokter dan lima paramedik untuk melakukan pemeriksaan hewan di dua lokasi berbeda di Kota Sanggau, yaitu milik pengepul di Jalan Sultan Syahril dan di Jalan Semboja.

Dadan Sumarna mengatakan, dari 5 ekor sapi yang suspect, satu ekor diantaranya sapi kurban milik Presiden Joko Widodo yang dititipkan sekitar satu tahun yang lalu. 

Terjangkitnya sapi milik Presiden ini dijelaskan Dadan, terjadi setelah 500 ekor sapi asal Jawa Timur masuk ke Kalimantan Barat pada April 2022 lalu, 33 ekor sapi diantaranya masuk ke Sanggau.

"Sapi asal Jawa Timur ini disimpan dalam satu kandang dengan sapi milik pak Presiden yang akhirnya sapi pak Presiden diduga terjangkit juga," ujar Dadan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral