Kondisi banjir di Kotim semakin bertambah parah, ribuan rumah terendam.
Sumber :
  • Tim Tvone - Didi Syachwani

Banjir di Kotawaringin Timur Semakin Parah, Sudah 26 Desa Terendam

Jumat, 16 September 2022 - 11:14 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Musibah banjir yang melanda wilayah hulu Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), kondisinya terus bertambah parah. Jumlah desa yang terendam kini mencapai 26 desa.

"Ada penambahan jumlah desa yang terendam yaitu menjadi 26 desa, sebelumnya hanya 19 desa," sebut Kepala BPBD Kotim, Rihel Magat, Jumat (16/9/2022).

Penambahan jumlah desa ini terjadi di Kecamatan Mentaya Hulu yang bertambah menjadi 13 desa, 6 desa di kecamatan Kotabesi, 1 desa di kecamatan Telawang dan 6 desa di kecamatan Parenggean.

"Sebenarnya ini adalah pergeseran wilayah banjir. Sebab wilayah hulu banjirnya sudah mulai surut dan bergeser ke hilir. Jumlah kecamatan yang terdampak juga sudah turun dari 7 menjadi 5 kecamatan, tapi jumlah desa yang terendam menjadi bertambah," katanya.

Adapun untuk jumlah warga yang terdampak atau yang menjadi korban banjir, jumlahnya juga meningkat menjadi 3 ribu KK atau 11 ribu jiwa lebih.

Selain merendam ribuan rumah warga, sejumlah fasilitas umum seperti pustu, bangunan sekolah, mushola serta masjid, juga turut terendam. Akibatnya membuat aktivitas warga menjadi sangat terganggu. Bahkan ada beberapa desa yang aktivitasnya lumpuh total.

Meski kondisinya sudah demikian parah, namun warga masih enggan untuk mengungsi. Mereka lebih memilih tetap bertahan dirumahnya masing-masing, dengan alasan untuk menjaga keamanan harta benda mereka.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral