Debu Batubara.
Sumber :
  • Tim tvOne/Abdul Gani Siregar

Debu Batu Bara Kembali Mencemari Rusunawa Marunda, Warga: Sedikit Licin

Senin, 21 November 2022 - 17:29 WIB

Jakarta - Kembali kawasan Marunda, Jakarta Utara, diterpa pencemaran debu batu bara. Menurut Ketua Forum Masyarakat Rusunawa Marunda (FMRM) Didi Suwandi temuan debu batu bara kali ini sedikit berbeda.

Debu batu bara yang ditemukan oleh tim FMRM dan berdasarkan laporan dari warga yang terkait, debu tersebut sedikit licin. Hal ini diduga debu tersebut tidak hanya berasal dari tumpukan biasa, melainkan dari cerobong.

“Di lapangan memang hari ini ditemukan debu batu bara yang agak berbeda, sedikit licin, yang kemungkinan ditenggarai bisa jadi bukan hanya dari penumpukan saja, bisa dari yang lain seperti cerobong di wilayah kawasan Berikat Nusantara,” kata Didi melansir dari keterangan resmi yang diterima, pada Senin (21/11/2022).

Maka dari itu, atas apa yang telah menimpang warga rusunawa Marunda, Didi mewakili pihaknya mengaku kecewa dengan kinerja Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Jakarta Utara lantaran lambat mengambil tindakan pencegahan.

“Kami sangat kecewa kepada Sudin Lingkungan Hidup yang menurut kami sangat lambat untuk melakukan tindakan pencegahan agar tidak terulang kembali pencemaran di wilayah kami,” ujarnya.

Sementara, pihak FMRM juga telah berupaya meminta pertolongan kepada Walikota Jakarta Utara dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk melakukan evaluasi kinerja Sudin Lingkungan HIdup Jakarta Utara.

“Kami melihat (Sudin LH Jakut) belum ada progres signifikan pasca dicabutnya izin lingkungan PT KCN oleh Sudin LH. Bahkan ada kecenderungan debit debu batu bara yang kerap ada mirip sebelum terjadi penutupan PT KCN,” tutupnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral