Mesjid miniatur Ka'bah di Makassar menjadi lokasi wisata religi mengobati kerinduan Baitullah.
Sumber :
  • Muhammad Noer

Wisata Religi Mesjid Miniatur Ka'bah Obati Kerinduan Baitullah

Rabu, 29 Maret 2023 - 13:53 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Kota Makassar, Sulawesi Selatan, punya banyak masjid yang bisa menjadi tujuan wisata religi selama bulan Ramadhan. Salah satunya Masjid Al-Fatih Al Anshar di Jalan Paccinang Raya, Kecamatan Panakkukang kota makassar. Masjid ini dikenal dengan desain arsitekturnya yang unik, yakni bagian eksterior mirip Ka'bah. keunikannya, karena arsitektur yang menyerupai Ka'bah, Rabu (29/3/2023).

 

"Masjid berkonsep bangunan ka'bah ini dilengkapi dengan ukuran lafaz Allah setiap dinding ka'bah serta keberadaan hajar Aswad di sudut bangunan Ka'bah dari depan di lihatnya, masjid ini sendiri berdiri di area seluas 600 meter dengan lebar 9 meter dan panjang 17 meter serta tinggi ka'bah 12 meter," ujar Imam masjid Ka'bah Harun Kahar.

 

Sebuah masjid menyerupai Ka'bah yang megah, ialah masjid Al-Fatih Al-Anshar yang berada di sudut jalan Paccinang Raya Kelurahan Tello Baru Kecamatan Panakkukang, kemegahan masjid Al-Fatih Al-Anshar ini terlihat tampak luar, eksterior masjid di dominasi warna hitam layaknya Ka'bah sebagai kiblat umat Islam sedunia.

 

"Masjid Al-Fatih Al-Anshar ini diambil dari nama cucu pendiri masjid yakni Mustamin Anshar. Masjid yang berkonsep miniatur Ka'bah ini merupakan inspirasi dari bangunan Ka'bah yang ada di Mekah. Saat itu pendiri Mustamin Anshar mendapat ilham dan hidayah saat menjalani ibadah haji yang bermimpi untuk membangun masjid dengan miniatur masjid Ka'bah. Sepulang dari ibadah haji di Mekah, Mustamin Anshar kemudian mendirikan bangunan masjid miniatur Ka'bah pada tahun 2014 lalu," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral