Opu Daeng Risaju (duduk paling tengah), Pahlawan Nasional asal Luwu.
Sumber :
  • Haswadi

Opu Daeng Risaju, Pahlawan Nasional dari Tana Luwu, Perempuan Bertangan Besi yang Akan Dijadikan Nama Jalan di Makassar

Minggu, 20 Agustus 2023 - 16:38 WIB

Palopo, tvOnenews.com - Nama Opu Daeng Risaju, tidak asing lagi bagi masyarakat Sulawesi Selatan, terkhusus di Luwu raya. Opu Daeng Risaju merupakan tokoh dan pahlawan nasional yang rela disiksa oleh penjajah NICA demi memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, kala itu. Kini, nama Opu Daeng Risaju diabadikan menjadi nama jalan di sejumlah daerah.

Di Kota Makassar, nama Opu Daeng Risaju dijadikan nama jalan protokol. Jalan Cenderawasih, Makassar diganti jadi Jalan Opu Daeng Risaju. Perubahan nama jalan ini akan diresmikan di Makassar, tanggal 22 Agustus mendatang.

Lalu, seperti apa sosok Opu Daeng Risaju dimata anak cucunya? Adalah Ratna Daud, merupakan salah satu cucu langsung Opu Daeng Risaju, Ratna adalah anak dari Quraisy Daud, anak bungsu dari pasangan Opu Daeng Risaju-HM Daud. 

"Yang kami jaga dan jalankan sampai hari ini adalah semangat perjuangan nenek kami Opu Daeng Risaju, kemudian kami anak-cucunya pantang untuk menyombongkan diri dan meskipun kami cucu dari pahlawan nasional, kami tidak mau memanfaatkan itu untuk mendapat kesitimewaan pada pemerintah, misalnya diangkat jadi ASN atau semacamanya, kami hanya mengandalkan kemampuan dan bakat masing-masing," kata Ratna Daud, Minggu (20/8/2023).

 

 Ratna Daud (kiri), Cucu Opu Daeng Risaju

 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral