Warga mengantri untuk mendapatkan air besih di Tana Toraja.
Sumber :
  • Joni tonapa

Dampak Kemarau Panjang, Distribusi Air Terus Digencarkan di Tana Toraja

Rabu, 20 September 2023 - 11:38 WIB

Tana Toraja, tvOnenews.comKemarau panjang sejak beberapa bulan terakhir mengakibatkan sejumlah tempat di Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, krisis air bersih, membuat pihak Sat Lantas bersama PDAM Tana Toraja gencarkan pembagian air bersih.

“Ini kita lakukan sebagai aksi sosial, mengingat juga sekarang musim kemarau panjang, banyak warga yang kekurangan air bersih, sehingga kami bekerja sama dengan PDAM membagikan air bersih menggunakan mobil tangki dan water canon," ucap Kasat Lantas Polres Tana Toraja, Iptu. Muh. Awaludin Kadir.

Pembangian air bersih akibat kemarau dengan menggunakan mobil tangki PDAM dan water canon milik Polres Tana Toraja tersebut, menyasar ribuan warga di Tondon Mamullu, Kecamatan Makale, yang sejak beberapa bulan terakhir kesulitan mendapatkan air bersih. 

Selain menyasar warga Tondon Mamullu, Pembagian air bersih yang dipimpin langsung kasat Lantas Polres Tana Toraja tersebut, juga menyasar sejumlah tempat lain seperti ke rumah-rumah ibadah, sebagai wujud nyata dalam melaksanakan bakti sosial mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara Ridwan salah satu dari ribuan warga yang mendapatkan pasokan air bersih mengaku, jika sejak kemarau pasokan air bersih sangat sulit didapatkan, berkat adanya kerja sama PDAM dan Sat Lantas Polres Tana Toraja kesulitan air bersih sedikit bisa teratasi.

“Kami sangat berterima kasih, berkat adanya kerja sama antara PDAM dan Sat Lantas Polres Tana Toraja, kami akhirnya mendapatkan pasokan air bersih, kalau perlu ini ditingkatkan, karena belum ditahu in kapan datang hujan pak," terang Ridwan, sembari mengisi air bersih.

Warga berharap pembagian air bersih bisa terus dilakukan, sebab pasokan air yang hanya mengalir dua hari sekali dari PDAM tidak cukup digunakan untuk keperluan sehari-hari. (jbt/frd)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral