Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura memberikan izin untuk menggunakan TMC melalui drone guna meningkatkan curah huja.
Sumber :
  • Abdi Mari

El Nino Sebabkan Turunnya Debit Air Danau Poso, Pemprov Sulteng Setujui Gunakan TMC Drone

Sabtu, 7 Oktober 2023 - 11:23 WIB

Palu, tvOnenews.com - Dampak kemarau panjang atau el nino sejak Agustus 2023 menyebabkan menurunnya debit air danau Poso sehingga kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dalam memproduksi listrik untuk masyarakat juga berkurang.

“Dampak ini tidak hanya memengaruhi pasokan air, tetapi juga berdampak pada kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso dalam memproduksi listrik untuk masyarakat,” kata General Manager Unit Induk Penyaluran Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sulawesi, Jarot Setyawan, Jumat (6/10/2023).

Menghadapi tantangan ini, Jarot Setyawan mengusulkan sebuah solusi inovatif yaitu penggunaan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) melalui penggunaan drone. Teknik ini dapat meningkatkan curah hujan dan membantu mengatasi dampak negatif El Nino.

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura merespons usulan tersebut dengan positif. Ia melihatnya sebagai langkah proaktif yang perlu diambil untuk mengatasi masalah yang ada.

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah siap memberikan izin untuk menggunakan TMC melalui drone guna meningkatkan curah hujan dan mengatasi dampak negatif El Nino. Keputusan ini diharapkan dapat membantu memulihkan suplai air dan produksi listrik di wilayah itu," tegas Rusdy Mastura.

Untuk merealisasikan izin pemanfaatan TMC, Gubernur Mastura menginstruksikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rudi Dewanto, serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah, Akris, untuk segera menindaklanjuti proses administrasi persetujuan tersebut.

Langkah ini merupakan bentuk dukungan konkret dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam menghadapi tantangan cuaca yang serius.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral