Ratusan mahasiswa terlibat kericuhan dengan buruh pelabuhan saat akan menumpangi kapal laut, Kamis (23/11/2023).
Sumber :
  • jamil azali

Paksa Naik Kapal Tanpa Tiket Untuk Hadiri Kongres HMI di Pontianak, Ratusan Mahasiswa Diamuk Buruh di Pelabuhan Baubau

Kamis, 23 November 2023 - 23:23 WIB

Baubau, tvOnenews.com - Nekat memaksa naik kapal tanpa memiliki tiket dan mengancam boikot pelabuhan, ratusan mahasiswa HMI diamuk puluhan buruh di pelabuhan Murhum Baubau, Sulawesi Tenggara, Kamis (23/11/2023) siang.

Ratusan mahasiswa yang hendak menghadiri Kongres Nasional HMI yang akan digelar di pontianak bentrok dengan puluhan buruh di pelabuhan Murhum Kota Baubau, kericuhan dipicu ratusan mahasiswa yang tak miliki tiket kapal mengancam akan memboikot pelabuhan jika tidak diberangkatkan menggunakan KM Lambelu milik PT Pelni.

Ratusan mahasiswa beberapa kali memaksa masuk ke area ruang tunggu pelabuhan, namun ketatnya penjagaan aparat hingga terjadi aksi saling dorong namun upaya paksa tersebut tak pernah berhasil. Mahasiswapun sambil berorasi mengancam akan memboikot pelabuhan jika tidak diberi akses untuk naik ke atas kapal.

Sementara puluhan buruh pelabuhan yang sejak awal sudah merasa terganggu dengan aksi para mahasiswa langsung bereaksi. Berawal dari aksi saling dorong hingga bentrokan tak terhindarkan, akibatnya sejumlah mahasiswa jadi sasaran amukan para buruh pelabuhan.

Koordinator HMI, Muhammad Rum Syahruddin, menyebutkan diduga ada provokator yang sengaja mengacaukan situasi sehingga tidak terkendali. Rum mengakui beberapa rekannya terkena pukulan saat kericuhan tadi.

"Tadi sempat terjadi chaos dan beberapa kader HMI terkena pukulan, tadi mungkin ada orang di luar rombongan kami yang menjadi provokator sehingga teman-teman juga terpancing," kata Rum, dilokasi kericuhan.

Kericuhan mereda setelah puluhan aparat mengamankan para mahasiswa dari amukan buruh di depan markas Polsek Kawasan Pelabuhan. Ratusan mahasiswa ini merupakan kader HMI dari Kota Kendari, Kabupaten Kolaka Utara dan Kabuparen Konawe yang berjumlah 161 orang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
Viral