polisi berhasil menemukan ibu dari bayi yang dibuang di Buton.
Sumber :
  • Jamil Azali

Kasus Penemuan Bayi di Buton, Polisi Amankan Wanita Muda Asal Kupang yang Diduga Ibu Bayi

Rabu, 29 November 2023 - 12:55 WIB

 

Buton, tvOnenews.com - Pasca penemuan bayi laki-laki dalam kantung plastik di samping bangunan kantor di Kelurahan Wakoko, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, polisi berhasil mengamankan ibu bayi yang kini masih menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buton.

Pasca ditemukannya ibu bayi yang berhasil diidentifikasi polisi berinisial at 24 tahun/ beredar video diduga ibu bayi sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Dalam video tersebut terlihat ibu bayi sedang berbaring dengan selang infus masih menempel di lengannya.

Wanita muda berinisial AT diketahui berasal dari Kupang NTT yang baru tiga bulan menetap di Buton dan bekerja pada sebuah perusahaan jasa keuangan yang berlokasi di Kelurahan Wakoko, Kecamatan Pasarwajo. AT juga diketahui belum bersuami.

Kasat Reskrim Polres Buton, Iptu Busrol Kamal, menerangkan, saat ini pihaknya belum dapat melakukan pemeriksaan terhadap ibu bayi mengingat ibu bayi masih dalam perawatan medis, pemeriksaan akan dilakukan setelah kondisi kesehatannya membaik. Namun sebanyak 4 saksi sudah dimintai keterangan terkait kasus tersebut.

"Perkembangan sementara dalam kasus penemuan bayi ini, kami dari penyidik untuk sementara belum memeriksa ibu bayi karena masih dalam perawatan intensif menunggu perkembangan hasil medis kalau sudah memungkinkan untuk dimintai keterangan maka kami akan lakukan, " terang Iptu Busrol usai memantau kondisi kesehatan AT dan bayinya di RSUD Buton.

Sementara menurut Direktur RSUD Buton, drg Harno Jayahir Hadini, sebelumnya AT mengeluhkan rasa nyeri pasca melahirkan hingga harus menjalani perawatan medis dengan status sebagai pasien, namun setelah menjalani perawatan medis sejak dua hari lalu, kondisi AT kini berangsur membaik.

"Ibu bayi sehari setelah melahirkan ada keluhan nyeri sehingga harus dirawat di ruang bersalin, kondisinya agak membaik dan masih dalam perawatan, " kata Drg Harno, saat ditemui di RSUD, Selasa (28/11/2023).

Lanjut Harno, begitu pula dengan bayinya yang saat pertama masuk rumah sakit mengalami sesak napas kini kondisinya sudah membaik. Selain itu kasus ini juga sudah mendapat pendampingan dari UPTD PPA Buton dan Dinas Sosial.

Sebelumnya warga digegerkan penemuan bayi laki-laki di dalam kantung plastik yang diletakan di samping bangunan kantor pada Minggu malam (26/11/2023). Bayi yang masih hidup tersebut diperkirakan baru saja dilahirkan dan diduga sengaja dibuang oleh seseorang. (jai/

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:54
01:37
03:14
01:14
02:07
02:34
Viral