Pondok pesantren di Luwu diteror hingga santri diungsikan, polisi sebut pelaku sudah ditangkap.
Sumber :
  • Haswadi-tvOne

Pondok Pesantren di Luwu Diteror hingga Santri Diungsikan, Polisi: Pelaku Sudah Ditangkap

Jumat, 15 Desember 2023 - 13:11 WIB

Luwu, tvOnenews.com - Pondok Pesantren Darul Istiqomah di Desa Wara, Kecamatan Kamanre, Luwu, Sulawesi Selatan mendapat teror dan didatangi sejumlah warga. 

Teror ini terjadi diduga akibat sengketa lahan tempat pesantren dibangun. Video aksi teror pada lembaga pendidikan tersebut viral. 

Dalam video tersebut terlihat belasan orang santri putri menangis histeris dalam masjid. Lalu, terlihat beberapa orang laki-laki berusaha menenangkan para santri.

"Satu orang diduga pelaku penyerangan sudah ditangkap dan sekarang masih menjalani pemeriksaan. Hasil penyelidikan sementara, aksi teror ini ada kaitannya dengan sengketa lahan antara ahli waris pemilik lahan dan pengasuh pesantren," kata Kapolres Luwu AKBP Arisandi, Jumat (15/12/2023).

Arisandi mengatakan persoalan lahan antara ahli waris dan pengasuh pesantren sudah berlangsung lama dan belum ada kesepakatan dari para pihak.

Akibatnya anak-anak yang belajar di pondok pesantren tersebut menjadi korban.

"Sebelumnya sudah ada yang kita proses dan sudah sampai ke penuntutan. Kasusnya terkait hak dan kemerdekaan anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Sebelumnya pemilik lahan melarang aktivitas di pesantren dengan memblokade semua pintu masuk ke pesantren," ujarnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral