PSU di TPS 03 Kelurahan Tarafu.
Sumber :
  • Jamil Azali

Ditemukan Pelanggaran Pemilu, KPU Baubau Gelar PSU di Empat TPS

Kamis, 22 Februari 2024 - 17:02 WIB

Baubau, tvOnenews.com - Sebanyak 967 pemilih di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, hari ini Kamis (22/2/2024) kembali menyalurkan hak pilihnya di 4 TPS yang menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Penyelenggaraan PSU oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Baubau atas rekomendasi Bawaslu yang menemukan sejumlah pelanggaran.

Beberapa pelanggaran tersebut di antaranya terdapat pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT melakukan pencoblosan di dua TPS, kemudian yang terparah adanya temuan seorang oknum anggota KPPS mencoblos dua kali di TPS 03 Kelurahan Tarafu, dimana kasus tersebut kini sedang dalam proses di Bawaslu.

"Masing-masing TPS yang PSU ini berbeda jenis pemilihannya, khusus di TPS 03 Tarafu semua jenis pemilihan dari pemilihan Capres Cawapres, DPD RI, DPR RI, DPRD Kabupaten dan Kota, " terang Ketua KPUD Kota Baubau, La Ode Supardi, ditemui di lokasi PSU di TPS 03 Kelurahan Tarafu, Kamis (22/2/2024).

Dalam penyelenggaraan PSU tersebut, setiap warga yang datang menyalurkan hak pilihnya tidak diperbolehkan membawa handphone ke dalam TPS, semua handphone pemilih dititipkan ke petugas di depan TPS.

Penyelenggaraan PSU ini juga mendapat penjagaan ketat dari aparat tTNI/ Polri dan Bawaslu. Dari pantauan media ini, lokasi di sekitar penyelenggaraan psu di TPS 03 Kelurahan Tarafu sudah terlihat ramai oleh warga sejak semalam.

Dalam kegiatan PSU tersebut Pj Walikota Baubau, Muhamad Rasman Manafi bersama Dandim 1413 Buton, Letkol Inf, Ketut Janji, sempat memantau jalannya PSU di TPS 03 Kelurahan Tarafu. Puluhan aparat diterjunkan di setiap TPS untuk menjaga jalannya PSU. (jai/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:10
08:04
11:16
02:20
09:45
06:41
Viral