Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, over kapasitas..
Sumber :
  • Tim Tvone-Andi Baso hery

Lapas Kelas II B Luwuk Over Kapasitas, Warga Binaan MInta Perhatian

Selasa, 18 Januari 2022 - 10:54 WIB

Banggai, Sulawesi Tengah - Kurang lebih lima ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang menempati sebanyak 13 ruangan termasuk ruangan wanita, dianggap sudah tidak memenuhi syarat. Seperti halnya diungkapkan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Luwuk, Yugo Indra Wicaksi, jika Lapas kelas II B Luwuk sudah over kapasitas.

"Iya benar, saat ini warga binaan lapas sudah over kapasitas seratus persen dari jumlah yang ditentukan, pasalnya Lapas Luwuk ini menampung Tiga kabupaten yakni Banggai Laut, Banggai kepulauan dan kabupaten Banggai," ucap Yugo saat ditemui tvonenews, Selasa (18/01/2022).

Yugo berharap agar pemerintah khususnya Kepala Kementrian Hukum dan HAM dapat memperhatikan kondisi tersebut, setidaknya perlu ada bangunan Lapas yang baru.

Untuk jumlah keseluruhan warga binaan lapas sebanyak 478 sedangkan batas kapasitas untuk menampung warga binaan sebanyak 227 orang. Begitu pula keluhan salah satu warga binaan bernama Arman yang merasa sesak berada di dalam ruangan yang sudah penuh.

"Kasian kami pak, tolong pemerintah perhatikan kami, agar kami dapat diberikan tempat yang layak agar kami tidak sesak dan tidak berdesakan saat kami tidur. Biasanya tiap ruangan hanya sekitar 20 an orang, tapi sekarang sudah sekitar 50 an orang," kata Arman. (Andi Baso Hery/Ask)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral