Jalan poros penghubung Paniki - Bokin di Lembang Sapan Kua-kua, Kecamatan Buntao’, Kabupaten Toraja Utara..
Sumber :
  • Tim Tvone-Joni Bane Tonapa

Jalan Amblas 5 Bulan tak Tersentuh Pemerintah Disorot Warga, Akhirnya Dibenahi BPBD

Rabu, 11 Mei 2022 - 12:41 WIB

Toraja Utara, Sulsel - Jalan poros penghubung Paniki - Bokin di Lembang Sapan Kua-kua, Kecamatan Buntao’, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, yang amblas sejak Januari 2022 lalu, akhirnya dibenahi setelah ramai disoroti warga.

Jalan amblas ini sudah tujuh bulan, dan sudah dibenahi tapi tak membuahkan hasil, kami juga sudah usulkan agar perbaikan jalan ini menggunakan dana APBN, namun sekarang kami benahi sedikit demi sedikit agar bisa kembali digunakan warga, “ ungkap Alexander Liku, Kepala BPBD Toraja Utara.

Jalan poros Paniki – Bokin yang amblas sejak awal tahun 2022 tersebut, membuat masyarakat baik yang menuju ke ibu kota Kabupaten Toraja Utara maupun sebaliknya harus memutar ke arah Buntao’ yang jaraknya lebih jauh, sehingga membuat warga yang hendak menjual hasil bumi ke kota Rantepao terpaksa mengeluarkan biaya tambahan.

Sayangnya jalan penghubung kecamatan yang menjadi penunjang ekonomi ribuan warga, baru perlahana dibenahi setelah ramai disoroti berbagai pihak yang kesal terhadap pemerintah daerah karena dinilai terkesan tutup mata terhadap kepentingan masyarakat luas.

Karena sudah ramai menjadi sorotan sejumlah pihak, akhirnya personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Toraja Utara melakukan perbaikan dengan menurunkan dua alat berat ke lokasi jalan amblas yang sejak beberapa bulan terakhir tak bisa dilalui kendaraan. 

Lebih lanjut Alexander Liku yang didampingi Camat dan Kepala PLN Toraja Utara, menjelaskan Bahwa, selain menurunkan alat berat sejumlah material timbunan juga dibawa kelokasi untuk digunakan menimbun jalan yang amblas.

“Kami juga menurunkan dua alat berat dan timbunan untuk menutup jalan yang amblas, inipun sifatnya sementara agar jalan ini bisa digunakan,” tegas Alexander. (Jbt/Ask)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral