Soft launching (pengoperasian terbatas) Kereta Api jalur ruas Maros-Pangkep yang menjadi bagian dari proyek pembangunan Kereta Api Makassar-Parepare, Jumat (2/12/2022)..
Sumber :
  • Tim Tvone-Wawan Setyawan

Menhub Launching Kereta Api Maros-Pangkep, Gratis untuk Warga

Jumat, 2 Desember 2022 - 12:17 WIB

Maros, Sulawesi Selatan - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melakukan soft launching (pengoperasian terbatas) Kereta Api jalur ruas Maros-Pangkep yang menjadi bagian dari proyek pembangunan Kereta Api Makassar-Parepare, Jumat (2/12/2022).

“Hari ini adalah hari yang bersejarah karena cita-cita kita mempunyai kereta api di Sulawesi dapat terwujud, sesuai dengan paradigma pembangunan Indonesia sentris yang tidak terpusat di Jawa. Pada Mei 2023 kita akan lakukan grand launching dan diharapkan akan dihadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Menhub.

Uji coba kereta api ini juga dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Aras, Plt. Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Kepala Balai Teknik Kereta Api Sulawesi Selatan Amanna Gappa, pengamat transportasi dan Forkopimda Sulawesi Selatan.

Dalam tinjauannya ini, Menhub menjajal jalur tersebut menggunakan kereta wisata dari Stasiun Maros ke Stasiun Pangkajene dan Stasiun Rammang Rammang, yang memiliki objek wisata bernama Ramang-ramang.

Menhub mengatakan, upaya soft launching ini dilakukan untuk mengenalkan kereta api ini kepada masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Dan dapat dijajal secara gratis oleh masyarakat selama masa uji coba. 

"Kita lakukan bertahap dan tiketnya digratiskan sampai Desember 2022," ujarnya. 

Stasiun yang dilewati antara Stasiun Maros dan Mangilu memiliki sejumlah objek wisata, diantaranya Wisata Alam Anjungan Sumpang, Wisata Alam Pantai Laona yang dekat Stasiun Tanete Rilau, wisata Geopark Karst Maros. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:44
02:05
04:10
05:46
01:09
15:57
Viral