Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah VI Makassar bersama Kepala Dinas Perdagangan Sulsel turun melakukan pengecekan langsung harga minyak goreng di pasar-pasar, Rabu (25/1/2023).
Sumber :
  • Tim Tvone-M Noer

MInyak Curah Kosong KPPU Temukan Harga Minyak Goreng Naik Tinggi

Rabu, 25 Januari 2023 - 13:24 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah VI Makassar bersama Kepala Dinas Perdagangan Sulsel turun melakukan pengecekan langsung harga minyak goreng di pasar-pasar, terkait adanya laporan minyak curah dari distributor, kosong dan terhambat ke pasar.  Salah satunya Pasar Terong Makassar ditemukan pedagang menjual harga minyak goreng kemasan dan botolan dengan harga di atas harga HIT bahkan harga yang tinggi dan bervariasi setiap pedagang minyak goreng tersebut, Rabu (25/1/2023).

“Tadi kita cek untuk brand minyak kita dalam 1 pasar ini macam-macam, ada yang jual di atas harga HIT Rp14.000, ada juga Rp17.000 hingga di atasnya, masing-masing pedagang dengan jualannya yang berbeda-beda, sementara distributor diduga mengalami keterlambatan atau terhambat dan kosong untuk ke pasar-pasar tradisional di kota Makassar," ujar Kepala Wilayah VI Makassar KPPU, Hilman Pujana.

Adanya kendala-kendala ini dikarenakan pasokan sejak awal Januari tahun 2023 ini, pedagang mengakui sudah tidak mendapatkan minyak curah hingga berimbas ke minyak kemasan dan botolan, ini akan ditindaklanjuti ke jalur distribusi di Sulsel atau produsen seperti apa pasokan yang menghambat.

"Pihak dari kami KPPU akan melakukan pengecekan ke tangki-tangki distributor yang menjadi kendala terhambatnya dan kosong minyak curah tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, dalam pengecekan di pasar ikut Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Andi Arwin Azis menerangkan, peninjauan lapangan ini atas instruksi Gubernur Sulsel melalui Kemendagri terkait pengendalian inflasi.

“Poin penting yang harus ditindaklanjuti daerah adalah bagaimana untuk Pemda dan Pemprov turun langsung melakukan pengawasan, pemantauan harga dan terutama menjamin pasokan,” kata Kadis Perdagangan Sulsel, Andi Arwin Azis.

Harga bisa dipastikan terjaga mulai dari tingkat pasar, untuk mengetahui langsung harganya, maka orang yang berwenang turun langsung ke lapangan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
05:44
04:18
Viral