Gunung Kerinci Kembali Semburkan Abu Setinggi 200 Meter Diiringi Gempa Tremor.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Arizal

Gunung Kerinci Kembali Semburkan Abu Setinggi 200 Meter Diiringi Gempa Tremor

Rabu, 15 Februari 2023 - 20:50 WIB

Kerinci, Jambi - Aktivitas Gunung api Kerinci kembali meningkat dan mengalami erupsi pada Rabu (15/02/2023). Pukul 12.07 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200m di atas puncak (± 4.005 m di atas permukaan laut). Dengan kolom abu teramati berwarna coklat dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur.

Kepala Pos Pemantau Gunung Kerinci, Irwan Sofwan saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Gunung Kerinci kembali mengalami erupsi pada Rabu siang dan erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 2 mm dan durasi sementara ini ± 5 menit.

"Seismograf terekam gempa hembusan dan tremor menerus dengan amplitudo 0,5 sd 2 mm dominan 1 mm dan erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat,” ucap irwan.

Lanjut irwan, beberapa hari sebelumnya sempat menurun dan aman dan hari ini kembali mengalami erupsi dan semburan yang terjadi ini tidak berdampak pada warga dan masyarakat masih tetap beraktifitas seperti biasa.

Meski sering mengalami erupsi, saat ini Gunung Kerinci masih berada pada Status Level II Waspada) dan direkomendasi masyarakat di sekitar gunung api dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak gunung api di dalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktivitas di dalam radius bahaya dan jalur penerbangan di sekitar gunung api  dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.(AAI/LNO)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:54
01:37
03:14
01:14
02:07
02:34
Viral