Minyak goreng curah di Pasar Tradisional Punggur mencapai Rp14.500 per kilogram..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Puji

Kelangkaan Minyak Kita Tidak Berdampak Pada Harga Minyak Goreng Curah di Lampung Tengah

Kamis, 23 Februari 2023 - 14:27 WIB

Lampung Tengah, tvOnenews.com - Meskipun minyak goreng bersubsidi pemerintah yakni Minyak Kita mengalami kelangkaan hampir satu bulan di Pasar Tradisional Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, namun tidak berdampak pada harga minyak goreng curah.

Kelangkaan Minyak Kita yang merupakan produk pemerintah dikeluhkan pedagang dan konsumen. Sebelum mengalami kelangkaan, Minyak Kita hanya dijual Rp 13.500 sampai Rp 14 ribu per liter. Namun, sekarang untuk satu liter Minyak Kita dijual Rp 15 ribu sampai Rp16 ribu.

Kelangkaan Minyak Kita justru tidak berdampak pada minyak goreng curah. Bahkan harganya masih stabil di harga Rp14.500 per kilogramnya. Selain itu,  daya beli masyarakat juga masih stabil dan mengalami lonjakan.
 
"Kalau harga masih stabil untuk minyak curah. Aku menjualnya per kilogram bukan per liter. Minyak curah dijual Rp14.500 per kilogram," kata Johan, agen minyak goreng curah di Pasar Tradisional Punggur, Rabu (22/2/2023).
 
Ia mengaku daya beli masyarakat tetap stabil dan tidak berpengaruh dengan kelangkaan Minyak Kita. Masyarakat pun tetap membeli minyak curah meskipun Minyak Kita langka.
 
"Daya beli stabil juga, tidak terlalu berpengaruh dengan Minyak Kita. Soalnya di Pasar Punggur ini Minyak Kita sudah lebih dari satu bulan sudah alami kelangkaan barang," tuturnya.
 
Johan menambahkan, ia mendapatkan mendapat pasokan 4.000 liter minyak goreng curah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tidak mengalami kenaikan harga. "Aku setiap 6 hari sekali dikirim minyak goreng curah sebanyak 4.000 liter. Harganya tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan," ungkapnya.
 
Sementara itu, Sukirno, salah satu penjual bahan pokok mengaku sudah hampir sebulan kesulitan mendapatkan minyak goreng subsidi merk Minyak Kita. Jumlah pasokan terbatas dari distributor.
 
"Harganya tinggi per liter berkisar Rp17 ribu, modalnya mahal. Banyak pembeli beralih ke minyak goreng curah karena lebih murah," kata Sukirno.
 
Menurutnya, banyak pembeli yang kecewa dengan kelangkaan dan mahalnya harga Minyak Kita. Masyarakat saat ini menggunakan minyak curah, sebab harga lebih murah walaupun kualitasnya berbeda. "Mereka beralih membeli minyak curah harga per liter Rp 15 ribu lebih murah, dibandingkan Minyak Kita Rp 17 ribu," paparnya. (puj/lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral