Hanya dengan Tukar Sampah Dapat Periksa USG Kehamilan Gratis di Serdang Bedagai.
Sumber :
  • tim tvone/Sri Gustina

Hanya dengan Tukar Sampah Dapat Periksa USG Kehamilan Gratis di Serdang Bedagai 

Minggu, 5 Maret 2023 - 21:13 WIB

Medan, tvOnenews.com - Puluhan ibu hamil yang tinggal di sekitar pesisir menukarkan sampah daur ulang untuk mendapatkan USG  gratis, di Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Minggu (5/3/2023).

Aksi kemanusiaan ini untuk kaum ibu yang tengah hamil dapat memeriksakan kehamilannya dengan gratis dan hanya dengan menukarkan sampah seberat 1 Kilogram.

"Di daerah ini kita memang mencoba mengkolaborasikan antara menjaga lingkungan dengan kesehatan ibu dan bayi sehingga kita adakan USG  disini sedikit berbeda. Syaratnya hanya membawa sampah yang bisa di daur ulang sebanyak 1 kg seperti botol, dan plastik," jelas Founder Gerakan Awen,  Alween Ong  di sela-sela pelaksanaan USG gratis tersebut. 

USG gratis ini mendapatkan apresiasi yang tinggi bagi masyarakat pesisir. Hal ini lantaran selama ini warga pesisir tidak pernah memeriksakan kehamilannya lewat USG, sebab kesulitan ekonomi.

"Ketika itu saya bertemu dengan istri nelayan dan menanyakan usia kehamilannya dan apakah sudah USG atau belum namun ibu tersebut tidak menjawab  malah mengaku bingung harus menggunakan uangnya untuk membeli odol gigi atau telur," ucap Alwen yang mengaku miris.

"Lalu kita pun berfikir apa yang bisa kita lakukan untuk mereka dan ini juga kita lakukan  terkait program pemerintah guna menekan Angka stunting," tegas perempuan Sociopreneur ini.

Bicara stunting tidak hanya menyelesaikan yang sudah terlahir tapi sebelum terlahirpun harus sama-sama ikut serta memantau. Itulah pentingnya ibu hamil agar melakukan USG sebelum melahirkan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral