PRCPB dari TNI Angkatan Darat, Kodam I/Bukit Barisan ..
Sumber :
  • Tim Tvone/Fahmi

TNI AD Terjunkan Personel ke Bencana Longsor di Natuna

Kamis, 9 Maret 2023 - 13:42 WIB

Medan, tvonenews.com - Puluhan Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) dari TNI Angkatan Darat, Kodam I/Bukit Barisan di terjunkan ke lokasi bencana longsor untuk membantu masyarakat terdampak dan mencari para korban yang tertimbun material longsor di Desa Pangkalan, Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Kepri.

Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana TNI AD ini berkekuatan 37 orang, diantaranya 12 personel Kodim 0318/Natuna dan 25 personel Yonkomposit 1/GP yang diberangkatkan menuju Pulau Serasan.

"Tujuan dalam pengerahan personel bantuan kemanusiaan ini untuk mempercepat proses evakuasi dan pekerjaan tanggap darurat di lokasi bencana yang ada di Desa Pangkalan, Kabupaten Natuna, Kepri," kata Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI A Daniel Chardin, Kamis (9/3/2023).

Pangdam mengatakan, Tim PRCPB yang diturunkan ke lokasi bencana difokuskan untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban yang diperkirakan masih tertimbun longsor, serta mendirikan posko darurat tempat penampungan sementara warga mengungsi.

“Nantinya, Tim PRCPB ini bergabung dengan Tim SAR lainnya di lokasi bencana, kemudian tim difokuskan untuk melakukan pencarian dan evakuasi para korban yang diperkirakan masih tertimbun tanah longsor," sebut Daniel Chardin.

Sebelumnya, bencana longsor di Desa Pangkalan itu terjadi akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir menyebabkan lereng perbukitan longsor menimbun perkampungan penduduk hingga jalan penghubung lumpuh total tidak dapat dilalui.

Akibat bencana longsor, sedikitnya 20 rumah penduduk tertimbun material tanah, 50 orang diperkirakan hilang belum diketahui, sementara 11 orang telah berhasil dievakuasi dalam kondisi tidak bernyawa, serta empat orang menderita luka-luka dan kini telah mendapat perawatan di Puskesmas Serasan. (zul/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral