Wawan Kurniawan, RT 13 Kelurahan Rajabasa Jaya, Bandar Lampung.
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

Polda Lampung Tetapkan Ketua RT Bubarkan Ibadah Jemaat Gereja di Bandar Lampung Sebagai Tersangka

Jumat, 17 Maret 2023 - 16:40 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menetapkan Wawan Kurniawan, Ketua RT 12, Kelurahan Rajabasa Jaya, Bandar Lampung, Wawan Kurniawan sebagai tersangka.

Wawan menjadi tersangka karena membubarkan proses ibadah itu terjadi di Gereja Kristen Kemah Daud, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung pada Minggu (19/2/2023).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, penyidik Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Lampung telah melakukan pemeriksaan dan penahanan terhadap tersangka Wawan Kurniawan terkait dugaan peristiwa Penghentian Ibadah di Gereja Kristen Kemah Daud (GKKD) di Bandar Lampung.

"Kita telah tetapkan Wawan sebagai tersangka. Dalam penyelidikan dan penyidikan, kami juga telah melakukan pemeriksaan saksi-saksi sebanyak 15 orang," kata Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Lampung Selatan,  Kamis (16/03/2023)

Selain melakukan pemeriksaan terhadap 15 saksi, Pandra menjelaskan pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap saksi ahli dan saksi ahli agama maupun saksi ahli hukum pidana.

"Dalam perkara tersebut, kami juga menyita barang bukti berupa rekaman CCTV, video, surat kesepakatan, surat izin, dan surat tanda lapor," jelas Pandra.

Wawan akan dijerat pasal berlapis dengan persangkaan dugaan perbuatan pidana Pasal 156a huruf a KUHP tentang penistaan agama, dan atau 175 KUHP tentang menghalangi kegiatan agama dan atau 167 KUHP tentang masuk pekarangan orang tanpa izin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral