Petugas membersihkan material banjir.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Wahyudi Agus

Pascabencana, Masyarakat Surian dan Petugas Singkirkan Material Banjir Bandang

Rabu, 22 Maret 2023 - 18:58 WIB

Solok, tvOnenews.com – Memulihkan kondisi kampung atau nagari yang porak-poranda dihantam banjir bandang atau galodo, masyarakat Nagari Surian di Jorong Ladang Padi dan Jorong Dalam Koto, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, bersama petugas singkirkan material banjir bandang dengan cara manual.

Pembersihan yang dilakukan sejak Rabu pagi (22/3/2023) ini diutamakan di lokasi fasilitas umum seperti jalan nagari atau desa, halaman sekolah dan musala. Seperti di halaman SD 14 Kecamatan Surian yang dipenuhi lumpur serta gelondongan balok kayu yang terbawa arus bajir bandang sore kemarin.

“Kayu-kayu serta batu disingkirkan dari tengah jalan, agar jalan nagari bisa berfungsi lagi secara normal, meski menggunakan peralatan manual tim gabungan bekerja tanpa henti sejak Rabu pagi hingga sore,” ujar Wardesko, Tim Tagana Dinas Sosial Kabupaten Solok.

Satu per satu, material sisa banjir bandang diangkat ke atas truk untuk disingkirkan. Petugas pembersihan ini terdiri dari BPBD Solok, PMI, Tagana, Dinas Sosial dan TNI, Polri ditambah masyarakat sekitar.

“Ini baru material yang menimbun jalan, belum termasuk material banjir bandang yang menimbun areal pertanian warga,” tambah Wardesko lagi. 

Sementara untuk pembersihan rumah warga langsung dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Solok.

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral