Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono (kedua kiri). ANTARA/Mario Sofia Nasution.
Sumber :
  • Antara

Polda Sumbar Prediksi Volume Kendaraan Pemudik Masuk Sumbar 3 Kali Lipat

Senin, 17 April 2023 - 15:13 WIB

Padang, tvOnenews.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar)memprediksi volume arus kendaraan pemudik yang akan masuk wilayah provinsi itu pada Idul Fitri 1444 Hijriah terjadi tiga kali lipat dibanding dengan Lebaran tahun lalu.

“Sehingga pengamanan arus lalu lintas pun menjadi fokus pada Operasi Ketupat 2023,” kata Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suharyono, Senin (17/4/2023).

Ia mengatakan, lonjakan arus kendaraan pada Lebaran tahun ini telah diantisipasi dengan penerapan one way system, salah satunya diterapkan di jalur Padang-Bukittinggi.

"Kebijakan one way system di jalur Padang-Bukittinggi maupun sebaliknya yang nanti bisa ditempuh (pemudik) sekitar dua atau tiga jam," kata dia.

Ia menyebutkan penerapan one way system tersebut merupakan perdana dilakukan pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini, sebab jika tidak diterapkan, waktu tempuh bisa mencapai 7 - 10 jam.

"Ini kami upayakan karena ini perdana uji coba. Kami koordinasikan Forkopimda, sifatnya fleksibel, kalau masih ada kepadatan (kendaraan), bisa diperpanjang," kata dia. Menurut dia, mudik lebaran sudah menjadi tradisi bagi perantau Minang, apalagi, tahun-tahun sebelumnya, masyarakat tidak bisa mudik lantaran pandemi COVID-19.

"Pascapandemi COVID-19, dua atau tiga tahun masyarakat tidak pulang mudik, sehingga ini diprediksi akan terjadi arus mudik yang begitu signifikan," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral