Prediksi Peta Dukungan Bacapres di Sumut Terus Meningkat.
Sumber :
  • Tim TvOne/Ahmidal Yauzar

Prediksi Peta Dukungan Bacapres di Sumut Terus Meningkat

Selasa, 2 Mei 2023 - 18:42 WIB

Medan, tvOnenews.com – Memasuki tahun politik, Pengamat memprediksi dukungan kepada Bakal Calon Presiden (Bacapres) Republik Indonesia saat ini bakal terus mengalami peningkatan khususnya di Sumatera Utara.

Sampai pada Mei 2023 ini, setidaknya 3 (tiga) nama yang sudah digaungkan yakni Anies Rasyid Baswedan, Ganjar Pranowo hingga Prabowo Subianto yang bakal memeriahkan bursa Capres 2024 mendatang. Membaca peta dukungan, Pengamat Politik Sumut Shohibul Anshor Siregar, menyoroti asal dukungan kepada Capres Anies Baswedan.

“Anies Rasyid Baswedan telah beroleh kesempatan terbaiknya secara lebih dini di Sumatera Utara dibandingkan dengan Bacapres lainnya. Selain relawan yang terbentuk untuknya (Anies) sama sekali tak mencerminkan kekuatan parpol yang ada saat ini, kebanyakan mereka berasal dari komunitas pendukung Prabowo-Sandi, ditambah dengan sedikit pendukung Jokowi-Ma’aruf pada pilpres tahun 2019 yang lalu,” ujarnya.

Shohibul mengatakan untuk Anies, pendukung independen non partai lebih besar daripada pendukung oposisi kepartaian. “Karena itu pendukung independen (non-partai) Anies ini adalah cerminan yang jauh lebih besar dan lebih ideal dari peta oposisi kepartaian Indonesia saat ini. Artinya jika oposisi Indonesia menurut peta kepartaian adalah gabungan PKS dan Partai Demokrat, maka pendukung Anies jauh melampaui persentase jumlah itu,” tambahnya.

Sementara itu, menanggapi dukungan untuk Ganjar Pranowo, pengamat sekaligus dosen ini juga mengatakan geliat dukungan kepada Ganjar semakin tinggi setelah dideklrasikan partai. 

"Setelah deklarasi pencapresan Ganjar belum lama ini, di Sumatera Utara terdapat geliat dukungan yang lebih bergairah, namun belum menunjukkan peluang melampaui komunitas pendukung Jokowi-Ma’aruf pada pilpres 2019,” ujar Shohibul.

Dirinya juga memprediksi dukungan dari kubu Puan Maharani yang sempat digadangkan menjadi Bacapres akan beralih kepada Ganjar Pranowo. “Gerakan unifikasi dua kubu utama PDIP (pro Ganjar dan pro Puan) diperkirakan dalam waktu dekat akan menyelenggarakan deklarasi dan publikasi dukungan untuk Ganjar dengan lebih  bergeliat,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral