Pedagang ikan di TPI Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan.
Sumber :
  • Tim TvOne/Chaidir Azhar

Stok Menipis, Harga Ikan di Aceh Barat Melonjak Pasca Lebaran

Rabu, 3 Mei 2023 - 14:57 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.com – Harga jual ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, mengalami kenaikan paska lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi. Sebab, para nelayan baru mulai melaut kembali usai sebelumnya libur pada momentum hari kemenangan.

Salah satu pedagang ikan di TPI Meulaboh, Hendra Hasyimi mengatakan, minimnya pasokan ikan sebab nelayan tak melaut beberapa waktu lalu, menjadi penyebab utama harga ikan kian melonjak pasca lebaran Idul Fitri, ini menjadi hal yang wajar karena sudah menjadi hukum ekonomi dimana stok barang yang menipis tentu harga naik.

“Stok memang kurang karena nelayan baru melaut beberapa hari ini dan belum normal sepenuhnya, harga ikan jelas naik karena stok kurang di TPI Ujong Baroh, ini dapat normal kembali sekitar satu pekan ke depan,” kata Hendra, (3/5/2023).

Adapun daftar harga jual ikan segar di TPI Ujong Baroh berdasarkan jenisnya yakni, ikan Sisik dari harga Rp35 ribu per Kilogram bertahan di angka Rp45 ribu per Kg, Ikan Tongkol dari Rp25 ribu per kg pada pekan sebelumnya naik menjadi Rp35 ribu per Kg pada pekan ini. Ikan Dencis dari Rp25 ribu naik menjadi Rp35 ribu.

Lalu ikan jenis kembung dari harga Rp50 ribu per Kg naik menjadi Rp60 ribu per Kg, ikan campuran dari Rp250 ribu per timba (isi 15 Kg) naik menjadi Rp350 ribu per timba, untuk Ikan Kakap Merah dari harga Rp70 ribu per Kg menjadi Rp85 ribu per Kg.

Kemudian ikan Rambeu berukuran kecil dari harga Rp55 ribu menjadi Rp65 ribu per Kg, Ikan Rambeu ukuran sedang atau besar dari Rp65 ribu per Kg menjadi Rp80 ribu per Kg pada pekan ini, bahkan setiap jenis ikan mengalami kenaikan harga sekitar Rp10 ribu per kilogramnya.

Menurut Hendra, kenaikan harga akan terus terjadi pada beberapa jenis ikan segar jika stoknya semakin menipis, harga kembali normal apabila nelayan lokal di Aceh Barat yang sudah melaut pulang dengan tangkapan ikan yang memadai untuk kebutuhan pasar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral