Banjir Bandang Kabupaten Solok.
Sumber :
  • Beni Roska

Banjir Bandang Serta Longsor Hantam Nagari Aie Luo Kabupaten Solok, Akses di Jalan Utama Lumpuh Total

Rabu, 3 Mei 2023 - 23:23 WIB

Kabupaten Solok, tvOnenews.com - Bencana alam banjir bandang serta tanah longsor terjadi di Jorong Tanah Sirah, Kenagarian Aie Luo, Kecamatan Payung Sekaku, Kabupaten Solok pada Rabu (3/5/2023) pagi.

Akibatnya puluhan titik ruas jalan di Nagari Aie luo tertimbun material tanah longsor akibat banjir bandang serta runtuhan batang pohon.

Kapolsek Payung Sekaki, IPTU Azirman, mengatakan, longsor terjadi karena tingginya curah hujan sehingga tanah perbukitan mengalami terban.
 
"Longsor ini menghantam rumah dan perkebunan milik warga. Sebanyak 4 Unit rumah rusak berat serta puluhan hektar Sawah tertimbun material banjir bandang," kata Kapolsek.
 
 
Ia menambahkan, longsor yang menghantam rumah warga membuat sejumlah perabot rumah rusak parah.
 
"Juga ada lahan perkebunan seperti sawah dan tanaman cabe milik warga dengan total kerugian Rp 200 -300 juta Diantaranya areal persawahan 10 hektare, tanaman cabe dua hektare dan tanaman pisang maupun ubi," ujarnya.
 
 
Oleh karena itu, akibat longsor ini, akses jalan lintas nagari, dari Jorong Tanah Sirah menuju Jorong Kipek terputus diakibatkan penuhnya puing - puing kayu serta lumpur yang mengenai badan jalan.
 

"Saat ini sedang dilakukan pembukaan jalan dengan cara pembersihan puing - puing material longsor oleh Tim TRC BPBD Kab. Solok yg dibantu dengan swadaya warga masyarakat," sebutnya.

Sementara itu, akibat dari peristiwa ini, jaringan listrik maupun seluler padam total hingga malam ini (bra)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral