Partai Gelora Aceh Barat menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg kembali ke KIP..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Chaidir

Beda Nasib Partai Gelora dan Sira, Dapat Petunjuk KPU Pusat Partai Gelora Kembali Daftarkan Bacaleg Ke KIP Aceh Barat

Kamis, 18 Mei 2023 - 15:33 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.com - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Aceh Barat kembali mendaftarkan ulang Bakal Calon Legeslatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten, meski masa pendaftaran sesuai aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah ditutup 14 Mei 2023 tepat pukul 23.59 WIB.

Partai Gelora mendaftarkan ulang Bacaleg mereka pada Kamis (18/5/2023) dan diterima oleh tiga Komisioner KIP Aceh Barat yakni ketua KIP Aceh Barat Teuku Novian Nukman, serta dua komisioner lainnya Sabki Mustafa Habli dan Saiful Asra.

Kepala Divisi Teknis Penyelenggara, Sabki Mustafa Habli menyebutkan, diterimanya kembali pendaftaran partai DPD Gelora Kabupaten Aceh Barat sesuai dengan aturan baru yang dikeluarkan KPU Pusat bernomor 496/PL.01.4-SD/05/2023.

Di mana dalam surat tersebut, kata dia, KPU memerintahkan untuk menerima pendaftaran ulang bagi Partai Gelora dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akibat kendala Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang dialami oleh kedua partai tersebut.

Pada saat itu, kata dia, Partai Gelora sempat mendaftar secara manual pada masa pendaftaran yang dibuka sejak 1 Mei hingga 14 Mei 2023, namun pada saat itu Silon tidak terbuka sehingga mendaftar secara manual akan tetapi dokumen yang dilampirkan tidak lengkap sehingga dikembalikan, hingga batas waktu pukul 23.59 WIB pengurus partai itu tidak kembali.

"Kemudian KPU mengeluarkan kembali surat nomor 456 ini untuk menerima kembali bagi Partai Gelora yang terkendala Silon atau lainnya," kata ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Sabki Mustafa Habli kepada wartawan, Kamis (18/5/2023).

Apa yang berlaku terhadap Partai Gelora ini, tidak mempengaruhi nasib Partai SIRA, meski sebelumnya DPW Partai SIRA Aceh Barat sudah mendaftarkan Bacalegnya ke KIP Aceh Barat serta secara administrasi juga sudah menggunggah Bacaleg mereka lewat Silon, tetapi partai lokal itu tetap belum diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan dan mendaftarkan ulang Bacaleg mereka.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral