Jamaah calon haji Kloter 1 tiba di Asrama Haji Palembang..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Ganda

355 Jamaah Calon Haji Kloter 1 Tiba di Asrama Haji Palembang: Penyambutan Khusus untuk Jamaah Lansia oleh Kemenag Sumsel

Jumat, 26 Mei 2023 - 14:07 WIB

Palembang, tvonenews.com - Sebanyak 355 Jamaah Calon Haji Kloter 1 dari OKU Timur tiba di Asrama Haji Palembang pada Jumat (26/5/2023).

Untuk memberikan kenyamanan kepada jamaah lansia, panitia telah menyiapkan jalur khusus, tempat duduk, dan layanan Fast Track.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel, Armet Dachil, menyatakan bahwa Kemenag Sumsel telah mempersiapkan penyambutan jamaah haji secara teknis.

Armet mengungkapkan bahwa terjadi perubahan konfigurasi pesawat, dimana sebelumnya pesawat memiliki kapasitas 450 tempat duduk, namun kali ini penerbangan menggunakan maskapai Saudi Airlines dengan kapasitas 360 tempat duduk. Kloter 1 terdiri dari 360 orang, terdiri dari 352 Jamaah Calon Haji (JCH), 3 TPHD (Tenaga Penyelenggara Haji Daerah), dan 5 petugas.

"Nantinya, bersama dengan para jamaah, terdapat lima petugas haji, tiga di antaranya adalah seorang dokter dan dua perawat. Jamaah haji lansia mendapatkan prioritas, terutama karena 60 persen jamaah haji Sumsel masuk dalam kategori lansia," ujar Armet.

Jamaah haji lansia juga telah diberikan pemahaman untuk mengurangi mobilitas mereka. Mengingat kondisi cuaca yang panas dan risiko yang tinggi, jamaah diminta untuk setidaknya mengonsumsi satu cangkir air putih setiap jam.

"Kita memberikan himbauan kepada mereka karena kondisi di Arab Saudi yang panas, mereka harus menjaga kesehatan dan menyesuaikan diri dengan suhu yang tinggi," tambah Armet.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral