Sapi ilegal di Batam, diduga masuk melalui pelabuhan tak resmi..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Alboin

DKPP Batam Temukan 10 Sapi Ilegal dari Jambi yang Masuk Melalui Pelabuhan Tak Resmi

Rabu, 31 Mei 2023 - 12:18 WIB

Batam, tvOnenews.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam telah menemukan 10 ekor sapi asal Jambi yang diduga masuk secara ilegal atau tidak sesuai prosedur. Berdasarkan pemeriksaan awal, diperkirakan sapi-sapi tersebut berhasil melewati pemeriksaan kesehatan setelah memasuki kawasan Jembatan IV Barelang.

Mardanis, Kepala DKPP Batam, menyatakan bahwa saat ini kesepuluh sapi tersebut berada di sebuah kandang di kawasan Sei Temiang, Sekupang.

"Pada saat ini, Satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sedang melakukan pemeriksaan di lokasi dan terhadap sapi-sapi yang dimaksud," ujarnya pada Selasa (30/5/2023).

Penyelundupan hewan ternak tanpa prosedur dianggap berbahaya bagi konsumen, terutama mengingat bahwa Indonesia sedang dalam tahap pemulihan setelah wabah PMK.

Mengenai prosedur impor hewan ternak ke Batam, Mardanis juga menjelaskan bahwa Karantina hanya memiliki dua pos pemeriksaan, yaitu di Punggur dan Batuampar.

"Namun, sapi-sapi ini masuk melalui Jembatan IV, yang tidak memiliki pos karantina," tegasnya.

Oleh karena itu, saat ini DKPP Batam telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian. Sedangkan untuk hewan ternak, rencananya akan dipulangkan ke daerah asalnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral