Edy Rahmayadi memimpin Upacara Peringatan Hari Pancasila di Lapangan Astaka..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Ahmidal

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Aktualisasikan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Kamis, 1 Juni 2023 - 17:38 WIB

Medan, tvOnenews.com - Pancasila memiliki nilai luhur yang mampu mempersatukan dan mempererat bangsa. Oleh karena itu, penting bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, setelah memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Astaka, Jalan Williem Iskandar, Deliserdang, pada hari Kamis (1/06/2023).

"Sebagai nilai luhur, Pancasila perlu diaktualisasikan dalam tindakan yang lebih nyata dan terasa oleh semua orang, agar dapat terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Edy Rahmayadi.

Menurutnya, aktualisasi Pancasila juga diperlukan untuk memperkuat rasa kebangsaan Indonesia, terutama di Sumut yang memiliki keanekaragaman. Selain itu, aktualisasi ini juga memberikan jawaban atas tantangan peradaban bangsa di zaman yang penuh dengan tantangan.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan dapat menjadi semangat pembaruan bagi setiap individu di negeri ini. Kebersamaan dan kerukunan harus kita perkuat kembali," kata Edy, yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Sumut, Nawal Lubis.

Edy juga mengajak seluruh masyarakat untuk membangun semangat empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

Upacara ini berlangsung dengan khidmat. Edy, yang mengenakan pakaian tradisional teluk belanga kuning, membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan pesan gotong-royong dalam peringatan Hari Lahir Pancasila.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral