Celimpungan, kuliner khas Palembang.
Sumber :
  • Tim tvOne/Ardiansyah

Mencicipi Kuliner Celimpungan Khas Palembang, Gimana Cara Membuatnya?

Sabtu, 3 Juni 2023 - 13:55 WIB

Palembang, tvOnenews.com - Sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona, tetapi juga dengan kekayaan kuliner tradisional yang tak tertandingi. 

Salah satu hidangan yang harus dicoba saat mengunjungi Palembang adalah celimpungan, hidangan khas yang menggugah selera dan memikat rasa. Hidangan ini terbuat dari olahan ikan dengan bumbu dan rempah-rempah pilihan.

Sehari-hari kuliner Palembang ini, disantap masyarakat saat sarapan maupun sebagai camilan. Sekilas celimpungan mirip dengan pempek, namun celimpungan disantap tidak mengunakan cuko melainkan kuah santan.

Kuah santan yang gurih dengan taburan bawang goreng menjadikan kuliner ini sebagai makanan lezat. Bagi anda menyukai pedas, tambahkan sambal goreng saat menyantap makanan ini.

Seperti pempek, celimpungan juga menjadi referensi warga Palembang sebagai makanan rumahan yang kerap terlihat saat berkunjung ke rumah-rumah warga. Hidangan Palembang ini pun seakan menambah keakraban warga saat bersilatuhrahmi, bahkan sering menjadi kuliner wajib untuk jamuan di sejumlah acara yang digelar di kota ini.

Salah satu warga di kawasan Pahlawan, Yuli (41), mengaku celimpungan menjadi salah satu kuliner khas yang sering dibuat. Seperti saat hari libur maupun saat ada hajatan. 

“Celimpungan memiliki rasa yang nikmat. Selain itu kuliner ini mudah dibuat dan sangat disukai orang dewasa dan anak-anak.” katanya.

Berikut adalah resep membuat celimpungan.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral