Dua ekor bayi Beruang Madu lahir di Taman Satwa Lembah Hijau Lampung pada tanggal 4 April 2023.
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

Dua Ekor Bayi Kembar Beruang Madu Lahir di Taman Satwa Lembah Hijau Lampung

Senin, 5 Juni 2023 - 12:16 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Dua ekor bayi Beruang Madu lahir di Taman Satwa Lembah Hijau Lampung, pada Rabu (4/4/2023) lalu. Kelahiran dua anakan beruang madu sekaligus ini jarang terjadi alias langka.

Kedua bayi yang lahir dari induk betina bernama Preti dengan pejantan bernama Wiro ini dalam keadaan sehat dan belum diketahui jenis kelaminnya karena masih dalam asuhan dan perawatan induknya di dalam kandang breeding beruang madu.

Preti dan Wiro merupakan satwa titipan dari BKSDA Bengkulu di Taman Satwa Lembah Hijau Lampung. Kelahiran kedua bayi Beruang Madu ini merupakan keberhasilan pengembangbiakan beruang madu yang ketiga dari 4 indukan yang berbeda.

Kepala Paramedis Veterinar Lembaga Konservasi Lembah Hijau Bandar Lampung Rasyid Ibransyah mengungkapkan kelahiran dua bayi beruang sekaligus ini merupakan momen langka yang terjadi di kebun binatang.

Bahkan, menurut Rasyid, kelahiran dua bayi beruang madu di Lembaga Konservasi Lembah Hijau Bandar Lampung ini bisa saja terjadi pertama kali di Indonesia.

"Beruang madu secara umum atau luar biasa melahirkan lebih dari satu bayi. Akan tetapi kalau yang di kebun binatang, langka dan jarang sekali bisa lahir lebih dari satu. Berdasarkan informasi yang kami dapat dari kolega kami di Bali, belum ada beruang madu yang melahirkan dua anak sekaligus. Jadi ini termasuk langka," kata Rasyid.

Rasyid menambahkan dalam kurun waktu dua tahun terakhir, beruang madu di Lembah Hijau Lampung sudah empat kali melahirkan dari 4 indukan yang berbeda dengan jumlah anakan sebanyak 5 ekor.

"Selama dua tahun terakhir ini, Lembah Hijau telah berhasil mengembangbiakan 4 indukan beruang madu yang berbeda dengan jumlah anak 5 ekor," tambahnya.

Sementara itu, Dokter Hewan Lembah Hijau Lampung, drh Allyndria menyebutkan dua bayi beruang madu tersebut lahir dengan normal dan dalam kondisi sehat.

"Untuk proses kelahiran normal. Indukan dan dua anakan beruang madu juga saat ini dalam kondisi sehat. Sebelum melahirkan, kami sudah siapkan kandang breeding agar indukan dapat merasa aman dan nyaman ketika melahirkan," ucapnya.

Allyndria menambahkan untuk saat ini belum diketahui jenis kelamin dua bayi beruang madu tersebut. Dan dua anakan beruang madu itu akan terlebih dahulu ditempatkan di kandang breeding selama sekitar 1,5 tahun hingga nantinya bisa mencari makan dan bersosialisasi dengan beruang lainnya. (puj/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral