Lelecap Makanan khas Ranau.
Sumber :
  • Tim TvOne/Andi

Lelecap, Makanan Khas Ranau Memiliki Rasa yang Menggugah Selera

Jumat, 9 Juni 2023 - 10:08 WIB

Oku Selatan, tvOnenews.com - Berbagai macam menu makanan yang berbahan dasar ikan memang menjadi pilihan utama masyarakat di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Begitupun dengan Kabupaten Oku Selatan, Sumatera Selatan. Khusus nya di wilayah Ranau Raya.

Selain memiliki Danau Ranau yang menjadi icon Masyarakat setempat, terdapat juga kuliner khas yang di sebut Lelecap.

Lelecap merupakan kuliner yang berbahan dasar ikan mujaer kumbang hitam yang merupakan ikan khas Danau ranau, dengan perpaduan bahan yang sederhana seperti cabe, cung (tomat kecil), garam, bawang merah, bawang putih dengan irisan daun bawang, serta ditaburi petai sebagai pelengkap dan disiram dengan kuah saus yang menambah selera.

Seperti salah satu wisatawan asal Batu Raja,Willy mengatakan, dirinya dan keluarga selalu mencari masakan Lelecap ini jika berkunjung di wisata Danau Ranau.

"Lelecap ini merupakan makanan wajib jika saya dan keluarga berkunjung ke wisata danau ranau, selain harganya terjangkau, masakan ini sangat menggugah selera makan," ujarnya.

Lanjutnya, bagi wisatawan yang mendatangi objek wisata danau ranau harus mencoba kuliner Lelecap ini, para pedagang kuliner diwilayah ini pun selalu menyajikan menu masakan Lelecap, untuk satu porsi Lelecap dan nasi di bandrol dengan harga Rp 25.000, dengan harga yang terjangkau cukup membuat perut kenyang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral