Wapres memberikan keterangan pers di Pulau Penyengat.
Sumber :
  • Tim TvOne/Kurnia

Wapres Ma'ruf Amin Minta Semua Provinsi Cegah TPPO

Jumat, 9 Juni 2023 - 13:56 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Wakil Presiden (Wapres), Ma'aruf Amin, meminta semua Pemerintah Provinsi di Indonesia untuk ikut mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Hal ini disampaikan Wapres Ma'ruf Amin saat mengunjungi Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), pada Kamis (8/6/2023) petang kemarin.

Ma'ruf Amin mengatakan, ia telah memerintahkan Menko Polhukam dan jajaran Kepolisian untuk melakukan pengawasan dan pencegahan adanya korban TPPO di semua daerah di Indonesia.

"Yang kita cegah PMI yang ilegalnya, yang perdagangan orang. Karena Menko Polhukam dan jajaran, termasuk Kepolisian itu melakukan pengawasan untuk mencegah jangan sampai ada korban," ujar Ma'ruf Amin saat memberikan Keterangan pers di Pulau Penyengat.

Menurut Ma'ruf Amin, adanya Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal disebabkan tingkat kemiskinan yang cukup tinggi di daerah. Jadi, hal tersebut menjadi perhatian untuk Pemerintah.

"Oleh karena itu menjadi perhatian, untuk menurunkan kemiskinan kita. Daerah potensial yang terjadi PMI ilegal, seperti Jawa dan Nusa Tenggara Timur (NTT)," ungkap Ma'ruf Amin.

Untuk mencegah kejahatan terhadap PMI ilegal, Ma'ruf mengaku Pemerintah telah mengadakan perjanjian dengan Negara penerima, untuk menolak kedatangan PMI yang berstatus ilegal.

"Kita adakan perjanjian untuk tidak menerima yang ilegal, karena itu yang dicegah. Kalau legal bisa diawasi. Yang jelas kita akan mengawasi TPPO, di seluruh Provinsi," pungkasnya.(ksh/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral