Hewan Kurban (ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean).
Sumber :
  • Antara

Pemprov Sumut Imbau Masyarakat Beli Hewan Kurban yang Memiliki SKKH

Kamis, 15 Juni 2023 - 10:07 WIB

Medan, tvOnenews.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengimbau masyarakat agar membeli hewan kurban yang memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) guna meminimalisir penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) dan "lumpy skin disease" (LSD).

Kepala Bidang Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut, Yusranaria, di Medan, Kamis (15/6/2023) mengatakan, hewan ternak yang sudah terpasang tanda pengenal sudah melalui tahap vaksinasi PMK dan memiliki riwayat ternak yang jelas.

“Hewan ternak yang sudah divaksin diberi tanda pengenal, biasanya ada nomor pada telinga hewan tersebut," ujar Yusranaria.

Pihaknya terus melakukan pengawasan ketat terkait lalu lintas hewan ternak guna menghindari sekaligus mencegah penularan PMK dan LSD.

“Di setiap daerah perbatasan sudah ada cek poin yang memastikan ternak bebas PMK, jadi setiap ternak yang masuk atau keluar provinsi akan terdeteksi," kata dia.

Ia juga mengimbau para peternak hewan kurban menjaga kebersihan kandang agar bakteri maupun virus yang bisa menyerang hewan kurban tidak mudah berkembang.

“Bagi para penjual, siapkan makan yang bergizi untuk hewan ternak, biar sehat, agar terhindar dari segala penyakit," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral