Polda Kepri menyelematkan beberapa orang calon PMI yang aka di berangkatkan secara Ilegal.
Sumber :
  • Tim TvOne/Alboin

Polda Kepri Gagalkan Pengiriman 65 Orang Calon PMI

Kamis, 15 Juni 2023 - 18:58 WIB

Batam, tvOnenews.com - Satuan Tugas Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (SATGAS TPPO) Polda Kepri  menggagalkan 65 orang korban calon Pekerja Migran Indonesia Ilegal yang akan diberangkatkan keluar negeri dengan tujuan negara yaitu Malaysia, Singapura dan Kamboja. 

Wakasatgas TPPO 1 Dirreskrimum Polda Kepri Kombes Pol Adip Rojikan, mengatakan 65 orang calon PMI tersebut berasal dari 14 kasus yang ditangani Polda Kepri kurun waktu 2 minggu terakhir.

“65 korban yang terdiri dari 45 orang laki-laki dan 20 orang perempuan yang berasal dari beberapa daerah yaitu Jawa, Palembang, Bengkulu, NTB, Lampung, Aceh, Medan dan Batam”, Kata Adip Rojikan, Kamis (15/06/2023).

Modusnya lanjut Adip, Para pelaku merekrut para korban dari daerah asalnya, menyiapkan tiket perjalanan, memberikan fasilitas penampungan dan memberangkatkan calon pekerja melalui pelabuhan resmi dan tidak resmi. 

“Untuk jalur resmi korban sudah memiliki paspor namun tidak dilengkapi dengan persyaratan sesuai UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia", terang Adip.

Sementara untuk pelaku yang menggunakan jalur tikus, sambung  Adip, mereka berperan sebagai koordinator pengiriman, penjemputan, memberikan penampungan sementara kepada para korban selama di Kota Batam. 

"Pelaku juga menyiapkan transportasi seperti mobil dan boat pancung untuk memberangkatkan CPMI melalui pelabuhan tikus”, beber Adip.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral