Anggota DPR RI Komisi III Taufik Basari, melaksanakan kunjungan kerja di Polres Lampung Selatan, Jum’at.
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

Komisi III DPR RI akan Perjuangkan Kenaikan Tunjangan Bhabinkamtibmas

Jumat, 16 Juni 2023 - 15:37 WIB

Lampung Selatan, tvOnenews.com - Komisi III DPR RI akan memperjuangan kenaikan tunjangan dan insentif bagi Bhabinkamtibmas Polri. Sebab, Bhabinkamtibmas menjadi ujung tombak Polri yang bersentuhan langsung ke  masyarakat.

"Sejak saya baru dilantik, saya melihat bahwa hal yang paling depan dari Polri  ini adalah Bhabinkamtibmas. Dalam rapat terakhir bersama bapak Wakapolri, saya menekankan kembali kesepakatan sebelumnya mengenai kenaikan anggaran Bhabinkamtibmas," kata Anggota Komisi III DPR RI, Taufik Basari saat melakukan kunjungan kerja ke Polres Lampung Selatan, Jumat (16/6/2023).

Setiap kali berkeliling, lanjut Taufik Basari, dirinya selalu mencari Bhabinkamtibmas. Sebab, Bhabinkamtibmas bisa dengan cepat mendapatkan informasi dan peristiwa di tengah masyarakat seperti kasus narkoba, pencurian dan lainnya.

"Setiap saya berkeliling. Pasti saya selalu cari Bhabinkamtibmas. Saya selalu tanya mengenai kenaikan tunjangan, ternyata belum ada," ucap dia.

Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem tersebut akan membawa tiga permasalahan Bhabinkamtibmas ke tingkat DPR RI dengan mengajukan penambahan personil, menambah anggaran Insentif dan menambah fasilitas Bhabinkamtibmas.

"Sudah sepatutnya anggaran Bhabinkamtibmas dinaikan mengingat peran Bhabinkamtibmas yang menjadi ujung tombak bersentuhan langsung kepada masyarakat," bebernya.

Sementara itu, Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin menjelaskan bahwa Polres Lampung Selatan memiliki 130 anggota Bhabinkamtibmas yang tersebar di 11 Polsek dan 1 Polsek KSKP. Setiap anggota Bhabinkamtibmas bisa mengawal satu sampai tiga desa.

"Idealnya, satu anggota Bhabinkamtibmas itu untuk satu desa. Seorang Bhabin bisa berperan sebagai anggota reserse, lalu lintas, intel bisa juga sebagai anggota sabhara," jelas AKBP Edwin.

Minimnya jumlah anggota Bhabinkamtibmas, lanjut AKBP Edwin, menjadi hambatan ketika mereka (polisi) dihadapkan begitu banyak kegiatan dan juga dituntut untuk menjadi seorang Bhabinkamtibmas yang bisa melayani masyarakatnya.

"Satu Bhabin bisa mengawal dua sampai tiga desa, sedangkan permintaan idealnya satu Bhabin hanya satu desa. Dengan kondisi Bhabinkamtibmas yang belum ideal tersebut Polres Lampung Selatan tetap memaksimalkan dan mengupayakan bagaimana pelayanan bisa berjalan baik," tuturnya.

Diakhir acara Kapolres Lampung Selatan menyampaikan beberapa kendala dan hambatan pelaksanaan tugas Polri khususnya Polres Lampung Selatan dalam harkamtibmas.

"Saat ini yang masih menjadi kendala atau hambatan jajaran Polres Lampung Selatan yakni kebutuhan peralatan deteksi Narkoba di Pelabuhan Bakauheni, kemudian pemberian reward untuk personil yang berprestasi ungkap kasus besar, dan kondisi jalan tol Lampung Selatan yang memerlukan ETLE untuk pengawasan penanggulangan pelanggaran dan kecelakaan Lalu Lintas di jalan tol," tandas AKBP Edwin. (puj/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:44
07:21
02:04
11:21
03:10
08:04
Viral