Masakan Pindang Borgibor..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Andi

Gulai Pindang Bor Gibor: Lezatnya Masakan Khas Suku Daya Oku Selatan yang Buat Lidah Bergoyang dengan Aroma Tempoyak yang Menggoda

Sabtu, 17 Juni 2023 - 15:00 WIB

Oku Selatan, tvOnenews.com - Di setiap daerah, makanan khas yang dimiliki selalu menjadi daya tarik tersendiri. Begitu juga dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan di Sumatera Selatan, yang terkenal dengan masakan Gulai Pindang Bor Gibor.

Bor Gibor adalah salah satu kuliner berkuah yang terbuat dari ikan dan tempoyak (durian yang difermentasi), sehingga memiliki cita rasa yang lezat dibandingkan dengan masakan pada umumnya.

Bumbu masakan pindang Bor Gibor sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pindang pada umumnya, seperti kunyit, bawang, jahe, lengkuas, dan serai yang dihaluskan. Ikan yang digunakan dapat bervariasi, seperti ikan Nila, Mujahir, Patin, dan Ikan Baung.

Namun, dengan tambahan tempoyak ke dalam kuah bersama bumbu halus, rasanya menjadi lebih menggugah selera.

Rasa asam dan aroma daun kemangi sangat terasa pada pindang ini. Rasa asam berasal dari tempoyak yang diawetkan dari buah durian dengan mencampurkan daging durian dengan garam, kemudian disimpan dalam toples kedap udara selama beberapa hari hingga rasanya menjadi asam.

Menu masakan Bor Gibor dapat ditemukan di berbagai warung kuliner yang tersebar di kota Muaradua, Kabupaten Oku Selatan. Cara memasaknya yang relatif mudah membuat pemilik warung mudah menyajikannya.

Mariah, seorang pengusaha kuliner di kota Muaradua, mengatakan bahwa gulai pindang Bor Gibor menjadi menu andalan di warungnya, dan hampir setiap hari menu ini laris manis dipesan oleh pelanggan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral