Diskusi Casis dan PJU Polda Sumut..
Sumber :
  • Bahana

Tak Lulus Tahap Keswa Meski Nilai Tinggi, 6 Casis Polwan Adukan Nasib ke Kapolri dan Komisi 3 DPR RI

Selasa, 27 Juni 2023 - 16:37 WIB

Medan, tvOnenews.com - Enam calon siswa polisi wanita (Casis Polwan) Bintara Polri yang digagalkan dalam seleksi kesehatan jiwa (Keswa), meminta panitia daerah Bintara Polri Polda Sumut memperlihatkan perbandingan nilai Keswa mereka dengan Casis lainnya.

Perbandingan nilai tersebut menurut mereka perlu diperlihatkan, karena nilai seleksi Keswa mereka 80 dinilai tidak memenuhi syarat, sedangkan nilai lebih rendah dinilai memenuhi syarat dan lulus. Didampingi kuasa hukumnya, Casis ini pun berencana mengadukan panitia seleksi ke Kapolri dan Komisi 3 DPR RI.

"Kami mendapat nilai tertinggi seleksi Keswa, tetapi panitia menilai kami tidak memenuhi syarat sehingga tidak diluluskan. Karena itu kami minta panda seleksi memperlihatkan perbandingan nilai," ujar keenam Casis Polwan tersebut melalui kuasa hukum mereka Jonen Naibaho, Sabtu (27/6/2023).

Disebutkan Jonen, pihaknya telah meminta klarifikasi masalah itu ke panita daerah (Panda), diterima Karo SDM Poldasu Kombes Benny Bawensel, Kabid Dokkes Kombes drg Agustinus  Mulyanto Hardi, Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi, dan sejumlah PJU serta tim penguji Keswa, antara lain Prof Dr dr Elmeida Effendy, M.Ked,Sp.KJ (K) guru besar USU, dr Nanda Sari N Spkj (USU) dan dr Alfi Syahri R Sp.Kj (USU), Selasa (20/6/2023) lalu di Mapoldasu.

Namun jawaban disampaikan Panda tidak memuaskan, karena menolak memberikan perbandingan nilai yang memenuhi syarat dan yang tidak memenuhi syarat.

"Panda hanya memenuhi permintaan scan nilai ke enam casis polwan, tetapi tidak memberikan perbandingan nilai 75 yang dinyatakan memenuhi syarat dengan nilai 80 ke enam casis yang dinyatakan tidak memenuhi syarat itu," sebutnya.

Justru, kata dia, nilai 80 diperoleh ke enam casis itu disebut panitia sebagai pembohongan dan tidak menjawab sesuai kepribadian dalam test Keswa. "Inilah yang kami pertanyakan, dimana kebohongan itu, sehingga kami perlu tahu perbandingan nilainya," kata dia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral