Masakan khas Suku Semende, Bawak Gulai..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Andi

Menikmati Kelezatan Bawak Gulai, Kuliner Khas Suku Semende yang Menggugah Selera

Sabtu, 1 Juli 2023 - 12:10 WIB

OKU Selatan, tvonenews.com -- Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) di Sumatera Selatan tidak hanya terkenal karena keindahan alamnya, tetapi juga memiliki beragam kuliner khas daerah yang lezat dan menggugah selera.

Salah satu hidangan khas dari suku Semende adalah Bawak Gulai yang terkenal karena rasa uniknya yang dihasilkan oleh campuran daun mint.

Bawak Gulai terbuat dari daging sapi segar sebagai bahan utama, yang kemudian disajikan dengan berbagai bumbu seperti lengkuas, serai, kunyit, kemiri, tomat, daun bawang, dan ditambahkan dengan campuran daun mint yang membuatnya istimewa.

Masakan tradisional ini masih menjadi favorit masyarakat, terutama suku Semende.

Nurjannah (32), salah satu warga suku Semende yang tinggal di kota Muaradua, mengungkapkan bahwa Bawak Gulai memiliki cita rasa khas karena adanya campuran tepung beras dan daun mint dalam kuahnya.

"Biasanya, bahan utamanya adalah daging yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah. Cara memasaknya sangat mudah, hampir sama dengan masakan lainnya, hanya saja Bawak Gulai ditambahkan dengan bumbu tepung dan daun mint," kata ibu dua anak ini pada Sabtu (01/07/2023).

Saat ini, kata dia, masyarakat, terutama yang berasal dari suku Semende, masih sering memasak Bawak Gulai sebagai hidangan keluarga, terutama saat perayaan seperti Idul Fitri dan Idul Adha. "Meskipun di warung makan mungkin masih jarang tersedia menu Bawak Gulai, tetapi bagi kami khususnya masyarakat Semende, hidangan ini tetap menjadi favorit yang enak untuk disantap bersama keluarga," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral