Eksavator tenggelam karena luapan Sungai Lim (kiri) & membanjiri Jalan Lintas Sumatera di Desa Tanjung Sirih (kanan)..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Ahmad Yudiansyah

Banjir Melanda Desa Tanjung Sirih di Lahat: Sungai Lim Meluap Tutupi Jalinsum, Dua Eksavator Terendam

Rabu, 5 Juli 2023 - 12:09 WIB

Lahat, tvOnenews.com - Tingginya intensitas hujan di hulu sungai mengakibatkan aliran Sungai Lim di Desa Tanjung Sirih meluap. Dampaknya, dua ekskavator yang berada di tepi sungai hampir terendam dan hanyut terbawa arus sungai. Selain itu, Jalan Lintas Sumatera di Desa Tanjung Sirih juga sempat tertutup, mengharuskan pengendara untuk lebih berhati-hati saat melintas.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lahat, Ali Afandi, mengatakan bahwa luapan air Sungai Lim sudah diprediksi sejak pukul 01.00 WIB dini hari sebagai langkah antisipasi bagi warga sekitar aliran Sungai Lim agar waspada terhadap banjir bandang seperti yang terjadi pada 9 Maret 2023 lalu.

"Kami telah memberikan himbauan kepada Camat dan Kades yang berada di sekitar Sungai Lim untuk waspada terhadap banjir akibat luapan sungai Lim. Alhamdulillah, banjir kali ini tidak seburuk bulan Maret yang lalu," kata Ali Afandi pada Rabu (5/7/2023).

BPBD, TNI, dan Polri segera meninjau lokasi luapan Sungai Lim.

Ali Afandi menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa maupun rumah yang terbawa banjir luapan Sungai Lim ini. Namun, dua unit ekskavator yang ditempatkan di tepi sungai untuk normalisasi Sungai Lim mengalami kerendaman dan hampir terbawa arus sungai. BPBD, TNI, dan Polri segera meninjau lokasi luapan Sungai Lim dan mengambil langkah antisipatif jika terjadi luapan sungai di masa mendatang.

"Kami bergerak cepat bersama TNI dan Polri dalam meninjau lokasi banjir. Kami juga menghimbau kepada warga, khususnya yang tinggal di sekitar Sungai Lim, untuk tetap waspada saat hujan di hulu sungai, karena kemungkinan Sungai Lim kembali meluap," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral