enazah Almarhumah Indah Wati Kadir saat berada di RS King Faisal Saudi Arabia..
Sumber :
  • Tim tvOne/Ahmad Yudiansyah

Jemaah Haji Asal Lahat Meninggal Dunia di Saudi Arabia

Rabu, 5 Juli 2023 - 12:50 WIB

Lahat, tvOnenews.com - Salah seorang jemaah haji PLM 13 asal Kabupaten Lahat Sumatera Selatan atas nama Indah Wati Kadir (67) meninggal dunia Selasa (4/7/2023), waktu Saudi Arabia di RS King Faisal.

Almarhumah Indah Wati Kadir merupakan warga Desa Lubuk Saung, Kecamatan Jarai, Lahat. Ia tergabung dalam jemaah haji Kabupaten Lahat kloter 13. dibenarkan oleh Kepala Dinas Kominfo Lahat Rudi Dharma yang juga menunaikan ibadah haji di tanah suci.

“Iya, benar, mari kita doakan semoga almarhumah husnul khatimah diampuni semua kesalahannya dilipatgandakan amal ibadahnya, menjadi hajjah yang mabrur ditempatkan oleh Allah di surga Nya. Aamiiin," ujar Kepala Dinas Kominfo Lahat Rudi Dharma via seluler, Rabu, (5/7/2023).

Dijelaskannya bahwa, dari hasil pemeriksaan medis, jemaah haji tersebut didiagnosa penyakit CHF + asma. Sebelumnya pada tanggal 22 Juni 2023 pukul 09.00 waktu setempat, Indah Wati sempat dirujuk ke KKHI Makkah dengan keluhan sesak hebat, batuk dan demam. 

Kemudian jemaah dirujuk ke KKHI Makkah dan dirawat selama empat hari karena didiagnosa CHF + Susp. masa paru + AKI dd/ CKD + Ikterus e.c Susp. Congestive Liver + Pansitopenia e.c Susp Malignansi dd/Chronic Liver disease.

Selanjutnya pada tanggal 29 Juni 2023, jemaah sedang di Mina dengan keluhan BAB hitam 1 hari, sesak dan batuk. Kemudian jemaah kembali dirujuk ke KKHI Mina. Dari KKHI Mina jemaah dirujuk ke RS Mina Al Wadii dan dirawat selama dua hari dengan diagnosa Melena e.c Gastrointestinal Bleeding + CHF.

"Selama pelaksanaan haji, jemaah memakai kursi roda," kata Rudi Dharma.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral