Kue Ombus-ombus, Jajanan Khas Suku Batak.
Sumber :
  • Tim TvOne/Zulfahmi

Kue Ombus-ombus Jajanan Khas Suku Batak, Kini Semakin Sulit Ditemukan

Senin, 10 Juli 2023 - 12:12 WIB

Medan, tvOnenews.com – Warga Medan, Sumatera Utara mungkin sudah tidak asing lagi dengan jajanan khas satu ini. Bentuknya yang kerucut, dibungkus menggunakan daun pisang, berbahan dasar tepung beras dengan lumuran gula aren di tengahnya ini dikenal dengan sebutan Ombus-ombus.

Ombus-ombus ini merupakan kue tradisional khas suku Batak yang berasal dari Kota Siborong-borong, Tapanuli Utara. Karena banyaknya masyarakat suku Batak yang tinggal di Kota Medan membuat jajanan kue satu ini sangat populer.

Biasanya Ombus-ombus cocok dinikmati saat pagi hari dengan keadaan Ombus-ombus yang masih panas ditemani secangkir kopi ataupun teh. Namun, ada juga yang mengkonsumsinya sebagai pengganti sarapan pagi.

Kue Ombus-ombus, Jajanan Khas Suku Batak

Seperti halnya Ani, salah satu penggemar Ombus-ombus di Kota Medan. Dia mengaku saat ini ombus-ombus sudah sangat sulit ditemui di Kota Medan. Biasanya hampir setiap pagi ia membeli ombus-ombus di warung-warung kue ataupun pasar saat hendak berbelanja, namun saat ini sudah tidak dijajakan lagi. 

Menurutnya, jajanan yang dikenal dengan sebutan ombus-ombus ini sangat sulit ditemui karena keberadaanya yang kalah dengan jajanan modern seperti sekarang ini.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral