Arsip foto - Pelaku UMKM Medan tengah mengerjakan kriya berupa cincin di salah satu stan pameran "Bulan Layanan UMKM" 2023 di Medan, Rabu (28/6/2023). (ANTARA/Michael Siahaan).
Sumber :
  • Antara

Pengamat: Kekhawatiran Akan Begal Hambat Perputaran Ekonomi UMKM Sumut

Rabu, 12 Juli 2023 - 11:13 WIB

Medan, tvOnenews.com - Pengamat ekonomi dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Gunawan Benjamin mengatakan, kekhawatiran akan aksi begal berpotensi menghambat perputaran ekonomi pelaku UMKM di Sumut.

“Pelaku UMKM sangat terganggu dengan isu keamanan ini," ujar Gunawan kepada ANTARA di Medan, Selasa (11/7/2023).

Menurut dia, bisnis UMKM seperti industri kue kering, roti dan keripik akan langsung terdampak dengan merebaknya pembegalan karena beroperasi pada malam hari.

Kemudian, Gunawan melanjutkan, para pedagang di pasar-pasar tradisional juga banyak beraktivitas pada malam sampai dini hari.

“Itu, kan, aktivitas pada waktu sunyi dan kini hal tersebut memunculkan rasa takut. Ini memicu mereka lebih berhati-hati dalam berproduksi atau malah tidak berproduksi lagi karena faktor keamanan," kata dia.

Oleh sebab itu, Gunawan berharap pihak keamanan terutama kepolisian dapat menuntaskan kasus pembegalan-pembegalan di Sumut dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Bagi dia, tindakan dari kepolisian dapat menjamin keberlangsungan operasional UMKM di Sumut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral