Mantan Kapolda Sumsel, Zulkarnain Adinegara..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Rizal

Mantan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara Siap Maju Menuju Senayan sebagai Bacaleg DPR RI

Jumat, 14 Juli 2023 - 12:19 WIB

Palembang, tvOnenews.com - Zulkarnain Adinegara, mantan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), telah mengumumkan niatnya untuk maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI. Ia telah memilih Partai Perindo sebagai partai yang akan diwakilinya dan daerah pemilihan (dapil) Sumsel 2 sebagai tempat pencalonannya. Hal ini disampaikan oleh Zulkarnain kepada wartawan pada Kamis (13/7/2023).

Menurut Zulkarnain, daerah pemilihan Sumsel 2 mencakup 11 kabupaten/kota, antara lain Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, OKI, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Prabumulih, Lahat, Pagaralam, Muaraenim, dan Empat Lawang. Keputusan Zulkarnain untuk maju di Dapil Sumsel 2 didasarkan pada pengalamannya sebagai mantan kapolres di wilayah tersebut. Selain itu, ia juga mempertimbangkan saran dari teman dan keluarga.

"Dalam awalnya, Ketua Umum Partai Perindo, Harry Tanoesoedibjo, mengarahkan saya untuk maju di Dapil Sumsel 1. Namun, setelah pertimbangan matang, saya memutuskan untuk memilih Dapil Sumsel 2," kata Zulkarnain, yang sebelumnya pernah menjabat Kapolda Riau pada tahun 2016.

Zulkarnain juga mengungkapkan bahwa ia baru-baru ini bergabung dengan Partai Perindo pada bulan Februari 2023 setelah dihubungi oleh Ketua Umum, Harry Tanoesoedibjo. Meskipun ada partai politik lain yang tertarik untuk mengajaknya bergabung, Zulkarnain memilih Perindo dengan alasan memperjuangkan ekonomi kerakyatan.

"Saya jujur saja, pernah mendapatkan tawaran dari beberapa partai politik lainnya, namun saya bukanlah seorang politikus. Saya tidak ingin terlibat dalam praktik money politik. Ketika saya dihubungi oleh Pak Harry Tanoesoedibjo, saya tertarik karena platform partai Perindo juga fokus pada perjuangan ekonomi kerakyatan dan persatuan Indonesia, yang menurut saya sangat relevan dengan situasi Indonesia saat ini," ungkap Zulkarnain.

(srl/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral