Pengunjuk rasa saat berdemonstrasi di depan Kantor Bawaslu Tapteng..
Sumber :
  • Tim tvOne/Syaren

Ratusan Massa Demo Bawaslu Tuntut Pecat Komisioner KPU dan Bawaslu Tapteng, Ini Alasannya

Jumat, 14 Juli 2023 - 20:48 WIB

Tapteng, tvOnenews.com - Ratusan massa yang menamakan diri Aliansi Suara Pemuda Revolusioner (Super) menggelar unjuk rasa di depan Kantor Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, Jumat (14/7/2023). 

Massa yang berasal dari organisasi kepemudaan di Kabupaten Tapteng, menuntut agar Komisioner KPU Tapteng dan Bawaslu Tapteng segera dipecat, karena adanya dugaan kecurangan dan ketidaktransparanan dalam seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) oleh Komisioner KPU Tapteng.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, massa membawa spanduk yang memperlihatkan foto Komisioner KPU Tapteng dalam satu pertemuan dengan seorang Anggota DPR RI, Masinton Pasaribu dan pimpinan parpol tertentu. Dalam spanduk itu mereka menyebut bahwa pertemuan itu adalah rapat konspirasi

Massa meminta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk memberikan sanksi pemberhentian tetap kepada Komisioner KPU dan Bawaslu Tapteng.

Saat berlangsung unjuk rasa, DKPP sendiri saat itu sedang mengadakan sidang kode etik terhadap Komisioner KPU Tapteng di Kantor Bawaslu Kabupaten Tapteng.

Para pengunjuk rasa juga menuntut agar DKPP membatalkan surat keputusan KPU Tapteng mengenai penetapan dan pengangkatan PPS di Kabupaten Tapanuli Tengah, serta memerintahkan KPU Tapteng untuk melakukan seleksi ulang anggota PPS.

Tidak hanya itu, massa juga meminta DKPP untuk segera memerintahkan KPU Tapteng melakukan seleksi ulang terhadap PPK Sitahuis yang diduga melakukan pemalsuan tanda tangan kepala desa. Kasus dugaan pemalsuan tersebut yang saat ini sedang ditangani oleh Polres Tapteng.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
Viral