Ratusan warga Dusun Banyumas, Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, menggelar kirab bendera merah putih sepanjang 78 meter..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Ratusan Warga di Lampung Selatan Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 78 Meter

Kamis, 17 Agustus 2023 - 18:03 WIB

Lampung Selatan, tvOnenews.com - Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Republik Indonesia (RI) juga dirayakan ratusan warga Dusun Banyumas, Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (17/8/2023).

Ratusan warga menggelar arak-arakan kirab bendera merah putih sepanjang 78 meter dengan berkeliling jalanan kampung. Kirab bendera pusaka itu merupakan wujud rangkaian peristiwa detik-detik proklamasi yang tidak dapat mengikuti kegiatan upacara bendera dengan digantikan mengarak bendera keliling kampung.

Kirab Bendera Pusaka ini bermula dari ide atau gagasan dari ketua panitia lomba yakni Sugeng Haryono yang dirinya juga merupakan sosok penggiat Literasi Motor Pustaka Lampung.

"Dalam memperingati HUT ke-78 RI bisa terlaksana jauh lebih meriah dari tahun sebelumnya. Antusias warga sangat luar biasa karena semua turut memeriahkan dan berjalan kaki mengarak bendera pusaka sepanjang 78 meter," kata Sugeng Haryono, Kamis (17/8/2023).

Uniknya, lanjut Sugeng, acara kirab bendera ini dari kalangan usia mulai anak-anak hingga lansia ikut berjalan dan mengarak bendera sepanjang 78 meter. Mereka melakukan kirab bendera merah putih yang dimulai dari perbatasan Dusun Banyumas dan Pasuruan Bawah, berjalan kaki menuju titik finish dipusatkan di halaman kantor Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan.

"Kirab bendera ini banyak nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, terutama nilai nasionalisme, nilai adat dan budaya dan lain sebagainya," ucap Sugeng.

Saat melakukan kirab bendera, Sugeng menambahkan masyarakat mengenakan pakaian adat, tarian adat, ada juga yang menggendong hasil bumi dari pertanian dan perkebunan sebagai ikon bahwa mayoritas warga Dusun Banyumas adalah petani.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral