Tim Sar Gabungan mengevakuasi pendaki Gunung Kerinci yang jatuh..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Arizal

Meski Hujan Deras dan Berlumpur, Pendaki Gunung Kerinci yang Jatuh Akhirnya Berhasil Dievakuasi

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 13:51 WIB

Kerinci, tvonenews.com - Evakuasi berhasil dilakukan untuk Martinus (31), pendaki asal Jakarta yang terjatuh di Shelter 3 Gunung Kerinci selama perayaan HUT RI ke-78. Tim SAR Gabungan, yang terdiri dari Basarnas Pos SAR Kerinci, Balai TNKS, Organisasi Mapala, dan warga, berhasil mengevakuasi korban dengan sukses.

Komandan Pos SAR Kerinci, Bambang Hermawan, memastikan bahwa Martinus telah dievakuasi dengan selamat setelah kejadian. "Korban berhasil turun dan dibawa ke Puskesmas terdekat melalui pos R 10," ujarnya.

Bambang menjelaskan bahwa Tim SAR Gabungan berangkat ke lokasi pada hari Jumat, (18/8/2023), meskipun cuaca sangat buruk dengan hujan deras dan jalur berlumpur. Setelah perjalanan panjang selama 10 jam, tim tiba di lokasi pada malam hari dan segera memberikan penanganan medis awal untuk memastikan stabilitas cedera pada kaki korban.

"Pada dini hari tanggal 19 Agustus, korban dievakuasi menggunakan tandu oleh tim SAR Gabungan dari Shelter 3 ke Posko R 10. Cuaca buruk selama proses evakuasi membuat jalur menjadi licin dan berlumpur," tambahnya.

Bambang menuturkan, pada pukul 10.30 WIB, korban telah berhasil dievakuasi ke Posko R 10 dan kemudian dibawa ke Puskesmas terdekat menggunakan ambulance untuk penanganan medis lebih lanjut.

Sebelumnya, pada peringatan HUT Kemerdekaan RI pada Kamis (17/8/2023), Martinus mengalami kecelakaan saat mendaki Gunung Kerinci. Ia terjatuh dan mengalami cedera pada kaki. Kepala Kantor Basarnas Jambi, Kornelis, mengkonfirmasi bahwa Basarnas Jambi menerima laporan dari Pak Dudung (TNKS) Gunung Kerinci mengenai kondisi darurat yang melibatkan seorang pendaki dengan cedera alat gerak bawah (kaki) saat mendaki Gunung Kerinci.

Korban, yang bernama Martinus dan berusia 31 tahun, sedang melakukan pendakian bersama teman-temannya. Ia mengalami cedera pada bagian kaki akibat kejadian tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral